Wali Kota Palembang segera dilantik

id romi, romi herton

Wali Kota Palembang segera dilantik

Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang Romi Herton-Harnojoyo (nomor 2) (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang terpilih Romi Herton-Harnojoyo segera dilantik pada 21 Juli 2013.

"Saya melantik selaku gubernur atas nama Presiden dengan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri)," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, dirinya tidak bisa mengelak dari kewajibannya sebagai gubernur, karena itu ia melantik pada 21 Juli 2013.

"Jadi, terlepas dari saya sebagai Ketua DPD Golkar dan kapasitas yang lain, saya harus melantik Wali Kota-Wakil Wali Kota Palembang persis pada saat lima tahun berakhirnya kepemimpinan Wali kota Palembang," katanya.

Ia berharap, apa yang dilakukan bisa dipahami semua pihak. "Saya minta semuanya bisa dimengerti, karena dalam setiap kompetisi pasti ada yang menang dan kalah," ujarnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kondusivitas Kota Palembang.

Ia juga menaruh harapan besar kepada Pemerintah Kota Palembang untuk menjadi kota yang terdepan dari berbagai bidang.

Untuk itu, hubungan antara Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi harus ditingkatkan lagi.

"Selama ini hubungan Pemprov dan Pemkot sudah baik. Saya berharap ke depan hubungan yang sudah baik ini bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

Ia menyatakan wali kota mempunyai peran sentral pada sejumlah kegiatan yang dilakukan pemerintah provinsi seperti ISG yang akan digelar di Sumsel pada September 2013.

"Dalam acara tersebut bukan hanya pemerintah provinsi yang akan terlibat, tetapi dinas-dinas yang ada di pemerintah kota juga dilibatkan, bahkan mereka akan diberi peran yang lebih, karena menjadi sentral kegiatan," katanya.