KY buka pendaftaran calon hakim agung

id ky, lowongan, buka pendaftaran hakim agung

...Pada 28 Juni 2013 lalu KY telah menerima surat dari MA tentang permintaan pengisian tiga posisi hakim agung yang akan pensiun pada semester kedua tahun 2013 dan awal tahun 2014...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Komisi Yudisial (KY) membuka pendaftaran seleksi calon hakim agung (CHA) tahap kedua 2013 untuk mengisi tiga lowongan hakim agung yang pensiun.
        
"Pada 28 Juni 2013 lalu KY telah menerima surat dari MA tentang permintaan pengisian tiga posisi hakim agung yang akan pensiun pada semester kedua tahun 2013 dan awal tahun 2014," kata Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar, di Jakarta, Jumat.
       
Asep mengungkapkan ketiga hakim agung yang akan pensiun adalah Hakim Prof Dr Komariah Emong Sapardjaja, Hakim Agung I Made Tara SH dan Hakim Agung Marina Sidabutar SH MH.

"Adapun yang dibutuhkan adalah satu untuk posisi hakim agung bidang pidana, satu untuk posisi hakim agung bidang perdata dan satu untuk posisi hakim agung bidang TUN," katanya.
          
Untuk merespon permintaan tersebut, lanjut Asep, KY akan membuka pendaftaran sejak 22 Juli sampai dengan 16 Agustus 2013.
          
Pada masa pendaftaran ini, katanya, selain menunggu KY pun akan bersifat aktif (jemput bola) dengan melakukan sosialisasi dan membuka pendaftaran langsung di tempat-tempat yang dianggap banyak memiliki potensial calon peserta.  
    
Asep juga mengatakan KY saat ini juga masih melakukan proses seleksi CHA tahap pertama 2013 untuk mengisi tujuh posisi hakim agung yang kosong pada semester 1 tahun 2013.
         
"Pada 22-26 Juli akan dilakukan wawancara terbuka dan akhir juli nanti rencananya akan diberikan kepada DPR," tambah Asep.