Dinkes OKU Selatan Sumsel edukasi pentingnya kesehatan gigi

id Pemeriksaan gigi, pelajar sekolah, Program UKGS, Dinkes OKU Selatan, Puskesmas Muaradua,Oku,Gugi,SD,Murid,Sumsel

Dinkes OKU Selatan Sumsel edukasi pentingnya kesehatan gigi

Ilustrasi - Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pelajar sekolah. ANTARA/HO.

Muaradua (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Sumatera Selatan menggelar pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara gratis bagi para pelajar Sekolah Dasar (SD) di wilayah itu.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan Merry Astuti di Muaradua Sabtu mengatakan, skrining kesehatan gigi dan mulut itu dilakukan oleh UPT Puskesmas Muaradua bagi pelajar SD di kecamatan setempat.

"Kesehatan gigi dan mulut adalah bagian integral dari kesehatan seseorang secara umum," katanya.

Menurut dia, pada anak-anak usia sekolah dasar perawatan gigi dan mulut sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Masa sekolah merupakan periode yang paling rentan terjadinya kerusakan gigi pada anak, terutama pelajar sekolah dasar yang masih mempunyai perilaku atau kebiasaan diri yang kurang dalam menunjang kesehatan gigi.

Kesadaran terhadap kebersihan mulut pada anak-anak sangat rendah, umumnya pada anak usia sekolah 6-12 tahun kurang mengetahui dan mengerti tentang cara memelihara kebersihan mulut.

"Kami juga melakukan sosialisasi untuk mengajak masyarakat, terutama anak-anak untuk rajin menggosok gigi dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis-manis," ujarnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Muaradua Ely Susanti menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program tahunan dalam rangka mendukung Program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS).

Skrining kesehatan gigi dan mulut tersebut menyasar pada seluruh pelajar tingkat sekolah dasar di Kecamatan Muaradua yang dilakukan secara bertahap.

"Salah satunya di SD Negeri Pendagan. Kami juga memberikan edukasi dan mendeteksi masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan gigi dan mulut," katanya.

 Ely Susanti menjelaskan pula, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran para siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, sehingga mereka termotivasi untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Pentingnya pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut ini agar jika ditemukan kasus penyakit akan lebih mudah untuk diobati," ujarnya.