Pj Gubernur Sumsel sebut pers berperan jaga kondusivitas jelang pilkada

id sumsel,palembang,insan pers,hpn sumsel 2024,pilkada 2024,pemprov sumsel

Pj Gubernur Sumsel sebut pers berperan jaga kondusivitas jelang pilkada

Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat puncak Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024, di Palembang, Senin (10/6/2024). (ANTARA/HO/Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyebutkan insan pers di wilayah itu berperan untuk menjaga iklim kondusif menjelang pelaksana. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024.

Fatoni pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Sumsel Tahun 2024, di Palembang, Senin, mengatakan wartawan media cetak dan daring berperan untuk menjaga marwah dan nama baik Sumsel, serta iklim kondusif menjelang Pilkada 2024.

“Melalui peringatan ini, mari kita bersama menjaga iklim kondusif yang ada di Sumsel dan kita terus pertahankan Sumsel tanpa konflik yang aman dan damai sehingga menciptakan iklim kondusif di Sumsel. Tentunya dibutuhkan peran wartawan dan media dalam mewujudkannya,” katanya.

Fatoni juga mengajak semua insan pers dan media untuk menginformasikan sebanyak mungkin semua potensi yang dimiliki oleh Sumsel serta memberitakan semua hal yang positif agar terjaga iklim kondusif di Sumsel.

Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah mengatakan Ketua PWI Sumsel diharapkan dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah untuk ikut serta dalam menciptakan pilkada damai yang wajib untuk dilakukan oleh PWI.

“Semua anggota PWI di Sumsel yang ikut dalam kegiatan politik dan berkampanye diharapkan untuk mengambil cuti agar profesi dan keanggotaan PWI tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik serta menjaga marwah PWI itu sendiri,” kata dia.

Ketua PWI Sumsel Kurniadi mengatakan pers merupakan pilar dari demokrasi yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pemerintah.

“Maka dari itu, kami berharap hubungan baik yang telah terjalin antara PWI dan Pemerintah dapat terus terjalin dan ditingkatkan,” katanya.*