Pengemudi diimbau istirahat demi keselamatan perjalanan liburan

id Libur tahun baru,mudik tahun baru,liburan akhir tahun,malam tahun baru,berita palembang, berita sumsel

Pengemudi diimbau istirahat demi keselamatan perjalanan liburan

Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memprediksi adanya penurunan volume kendaraan mencapai 40 persen hingga 50 persen, selain itu aktivitas pengunjung juga menurun di tempat istirahat (rest area) dengan penurunan omzet diperkirakan mencapai 80 persen. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.

Jakarta (ANTARA) - Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengingatkan kepada seluruh pengemudi baik motor maupun mobil untuk jangan lupa beristirahat guna melindungi diri dan keluarga dari kecelakaan selama libur tahun baru.

”Kondisi jalan yang padat dan cenderung macet akan melelahkan fisik serta mental pengendara. Kelalahan itu membuat proses pengambilan keputusan menjadi bias dan lebih berisiko. Jika pengemudi kelelahan, sebaiknya segera beristirahat di rest area atau mencari tempat yang nyaman beristirahat,” kata Djoko saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Tak hanya itu, Djoko juga mengimbau agar pengelola tempat wisata hendaknya memberikan tempat istirahat yang nyaman. Bila perlu dilengkapi dengan kamar mandi dan air hangat seperti contohnya yang disediakan oleh pengelola Taman Impian Jaya Ancol.