Disbudpar Sumsel mencatat jumlah wisatawan capai 3,3 juta orang

id sumsel,wisatawan sumsel,destinasi wisata,disbudpar sumsel

Disbudpar Sumsel mencatat jumlah wisatawan capai 3,3 juta orang

Bentang alam laut di Pulau Maspari, Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel). ANTARA/HO-Disbudpar Sumsel

Palembang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini mencapai 3,3 juta orang sepanjang tahun 2023.

Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal, di Palembang, Selasa, mengatakan jumlah wisatawan nusantara paling banyak berkunjung ke Kota Palembang dengan total 1,8 juta orang, Kabupaten Banyuasin sebanyak 435 ribu orang, Kota Pagar Alam sebanyak 323 ribu orang, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sebanyak 103 ribu orang, dan Muara Enim 91 ribu orang.

"Total wisatawan yang datang ke Sumsel sudah mencapai 3,3 juta orang. Dari jumlah tersebut, 189 orang di antaranya adalah wisatawan mancanegara," katanya pula.

Pihaknya memperkirakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumsel pada momen libur Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 naik sebesar 5 hingga 10 persen. Maka dari itu, para pemilik dan pengelola objek wisata di Sumsel agar melakukan persiapan mengingat lonjakan wisatawan itu cukup tinggi.

"Seperti tahun sebelumnya, pada titik-titik destinasi wisata akan mengalami lonjakan pada momen tersebut. Namun, pada tahun ini Disbudpar Sumsel tidak membuat acara khusus menyambut momen tersebut, akan tetapi kabupaten/kota pada berbagai destinasi wisata biasanya membuat beberapa atraksi untuk menarik wisatawan," ujarnya.

Terkait strategi pengembangan destinasi wisata, pihaknya memusatkan pada konsep Sapta Pesona yang memiliki tujuh unsur di dalamnya, di antaranya keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.

"Orang kalau berkunjung kemudian melihat bahwa Sumsel aman, tertib, bersih, dan orangnya ramah tamah, selanjutnya kenangan yang dimiliki pasti enak juga dan bisa memunculkan keinginan untuk berkunjung lagi," ujarnya pula.

Selain itu, Disbudpar Sumsel dalam meningkatkan jumlah wisatawan di wilayah ini, pihaknya tengah menggodok rencana pembukaan kembali penerbangan internasional dengan rute Malaysia-Palembang dan sebaliknya.

"Insya Allah, bulan April. Sekarang sedang digodok bersama dan nanti rencananya tidak hanya dari satu maskapai tapi juga akan ditambah lagi, mudah-mudahan benar-benar April," kata Aufa.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Disbudpar Sumsel mencatat jumlah wisatawan capai 3,3 juta orang