Erai-Erai, tarian utama pembukaan Porprov Sumsel 2023

id poprov sumsel,tari erai-erai

Erai-Erai, tarian utama pembukaan Porprov Sumsel 2023

Bukit Serelo memiliki nama lain yaitu Bukit Jempol, dan Bukit Telunjuk. Hal tersebut merujuk kepada bentuknya yang menyerupai jempol. Bukit Serelo merupakan ikon atau landmark Kabupaten Lahat. (HO/lahatkab.go.id)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Tarian Erai-Erai akan menjadi tarian utama yang disajikan pada pacara pembukaan Porprov Sumsel XIV/2023 di Kabupaten Lahat, Minggu (17/9/2023) mendatang.

Tarian Erai-Erai berdasarkan susunan acara pembukaan akan ditampilkan setelah penyulutan obor Porprov Sumsel 2023.

Tarian itu merupakan tarian khas daerah Kabupaten Lahat yang tercatat dalam registrasi warisan budaya tak benda Provinsi Sumatera Selatan.

Mengutip dari laman Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan tari Erai-Erai merupakan tarian yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah etnik Lematang.

Daerah  asal tarian ini adalah ex marga Gumay Lembak, ex marga Puntang Suka Merapi, ex marga Pasirah IV Manggulyang selanjutnya menyebar ke beberapa daerah yang ada di wilayah Kabupaten Lahat.

Tari Erai-Erai merupakan tari yang mengungkapkan kegembiraan pada saat panen padi. Disebut tari Erai-Erai karena Erai-Erai artinya serai serumpun yang melambangkan meski bercerai-berai namun tetap satu ikatan.

Tari Erai-Erai populer sejak tahun 1950-an ketika beberapa instrumen musik akustik seperti biola dn akordion mulai merubah wilayah kabupaten Lahat, sebelumnya diiringi instrumen musik gambus/perkusi saja.

Syair Tari Erai-Erai yaitu Umak ooh Umak dan Oi Kakang Tulah.

Busana yang dipakai penari dalam membawakan tari Erai-Erai yaitu baju kurung panjang, kain tumpal perahu, pending, anting-aning,serta aksesoris penunjang. (balitbangnovdasumsel.com)