KPU OKU siapkan audit dana kampanye parpol jelang Pemilu 2024

id Audit dana kampanye, tim auditor, Pemilu 2024, KPU OKU

KPU OKU siapkan audit dana  kampanye parpol jelang Pemilu 2024

Ketua KPU OKU Naning Wijaya. ANTARA/Edo Purmana/23.

Baturaja (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, menyiapkan audit dana kampanye partai politik (parpol) di daerah itu menjelang Pemilu 2024.

Ketua KPU Kabupaten OKU Naning Wijaya di Baturaja, Senin mengatakan, KPU RI telah melakukan sosialisasi ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota terkait sejumlah persiapan yang akan dilaksanakan menjelang pemilu, termasuk mengenai peraturan KPU tentang kampanye dan laporan dana kampanye.

"Laporan dana kampanye ini akan diaudit oleh auditor independen untuk memeriksa kebenaran dan kelengkapan laporan dana kampanye setiap parpol peserta pemilu," ujarnya.

Dia mengatakan KPU OKU telah menyiapkan auditor untuk melakukan audit terhadap laporan dana kampanye dari 18 parpol yang ada di wilayah itu.

"Setiap parpol memiliki kewajiban mengisi laporan dana kampanye untuk diaudit oleh tim auditor guna memastikan kebenarannya," ujarnya.

Menurut dia, dana kampanye untuk kampanye pasangan calon dan parpol harus ditempatkan pada rekening khusus dana kampanye di bank yang ditunjuk oleh KPU.