Muba ajak masyarakat pertahankan lomba perahu bidar

id Pj Bupati Muba, apriyadi, pertahankan, lomba perahu bidar, bidar, hut ri, bidar HUT RI

Muba ajak masyarakat pertahankan lomba perahu bidar

Pj Bupati Muba Apriyadi bersama pantia dan peserta lomba perahu bidar HUT RI (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Penjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi mengajak semua lapisan masyarakat untuk mempertahankan lomba perahu bidar yang digelar rutin setiap tahun pada momentum peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI).

"Lomba perahu bidar yang digelar hari ini untuk menyemarakkan HUT ke-78 Republik Indonesia merupakan lomba yang melegenda atau telah berlangsung puluhan tahun sehingga kegiatan positif dan menghibur itu perlu dipertahankan bersama," kata Pj Bupati Apriyadi di Kecamatan Lais, Banyuasin, Sumatera Selatan  Ahad.

Dia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus berupaya memberikan hiburan kepada masyarakatnya dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT RI pada setiap tahun dengan menggelar lomba bidar dan berbagai acara lainnya.

Lomba bidar pada tahun ini digelar di Desa Teluk Kijing I dan Teluk Kijing II, Kecamatan Lais dengan jumlah peserta cukup banyak 51 tim.

Untuk lebih menyemarakkan lomba perahu bidar tahunan itu dan mengapresiasi peserta yang memenangkan lomba, pihaknya menyediakan hadiah utama berupa mobil.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan tambahan hadiah berupa uang tunai Rp25 juta.

"Hadiah utama yang disiapkan panitia untuk lomba yang sudah melegenda di Bumi Serasan Sekate itu adalah sebuah kendaraan roda empat dan uang pembinaan," ujarnya.

Kegiatan lomba bidar di kawasan perairan Kecamatan Lais itu berjalan dengan baik dan kondusif sesuai dengan keinginan bersama yakni sebagai ajang hiburan menyemarakkan peringatan HUT RI .

"Kami merasa bangga dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak dan panitia penyelenggara lomba bidar, semoga kegiatan ini dapat terus berlangsung di masa mendatang serta ditingkatkan kualitasnya dengan peserta tidak hanya di lingkup daerah melainkan juga tingkat nasional bahkan internasional," ujar Apriyadi.

Sementara Ketua Pelaksana Lomba Bidar HUT RI Abdul Aziz mengungkapkan jumlah peserta lomba 51 tim yang berasal dari dalam dan luar Kabupaten Muba.

Hadiah yang disiapkan untuk pemenang lomba perahu bidar yakni juara pertama sebuah mobil, juara kedua seekor sapi, dan juara ketiga sebuah sepeda motor.

"Terimakasih kepada Pj Bupati Muba Apriyadi yang bisa hadir langsung ke lokasi lomba bidar dalam rangka memperingati HUT RI tahun 2023 ini di Kecamatan Lais," ucapnya.

Turut hadir menyaksikan lomba tersebut di antaranya Komandan Kodim 0401 Muba Letkol Inf Erry Dwianto, Camat Lais Marsopi, Kepala OPD Muba, serta para kades dalam Kecamatan Lais.