Pameran senjata tradisional Nusantara berlanjut di Sumbar pada 2024

id Pameran, senjata tradisional, nusantara, museum negeri, pameran senjata tradisional

Pameran senjata tradisional Nusantara berlanjut di Sumbar pada 2024

Kadisbudpar Sumsel Aufa Syahrizal. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Pameran Nasional Senjata Tradisional Nusantara setelah dari Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Juli 2023 ini bakal dilanjutkan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada 2024.

"Setelah dari Palembang, seluruh kepala museum menyepakati menunjuk Provinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah Pameran Nasional Senjata Tradisional Nusantara 2024," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Aufa Syahrizal di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan Kepala Museum se-Indonesia dan peserta Pameran Nasional Senjata Tradisional Nusantara 2023 yang hadir di Palembang bersepakat akan berjumpa lagi di momentum serupa tahun depan di Sumbar.

Selain Sumbar, kata dia, peserta pameran juga menyepakati Provinsi Riau menjadi tuan rumah Pameran Nasional Kain Nusantara.

Menurut dia, sekarang ini 25 museum dari berbagai daerah di Tanah Air memamerkan koleksi senjata tradisional pada Pameran Nasional Senjata Tradisional Nusantara di Palembang, pada  25 Juli - 6 September 2023.

"Mulai hari ini hingga 44 hari ke depan dipamerkan 287 senjata tradisional Nusantara koleksi dari 25 museum. Bagi masyarakat yang ingin melihat koleksi tersebut bisa datang ke Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa," katanya.

Peserta pameran tersebut diantaranya tuan rumah Sumsel, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Balikpapan, Ambon, Yogyakarta, Semarang, Papua, Jawa Barat, Jayapura, Magelang. Kemudian Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Riau, Jambi dan Aceh.

Kegiatan pameran senjata tradisional nusantara tahunan ini, kata dia, mengusung tema "Dinamika Senjata, Kearifan Lokal sebagai Perisai Jati Diri Bangsa."