Polisi Palembang lakukan rekayasa lalu lintas jelang demo buruh May Day

id demo buruh, may day, palembang, 1 Mei 2023

Polisi Palembang lakukan rekayasa lalu lintas jelang demo buruh May Day

Kondisi depan kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan, di Jalan POM IX Palembang yang menjadi lokasi demonstrasi buruh May Day terpantau ramai lancar dan dijaga ketat aparat kepolisian, Senin (1/5/2023) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah jalan raya dalam kota itu menjelang aksi demonstrasi buruh pada Hari Buruh atau May Day.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Palembang Kompol Rendy Surya, di Palembang, Senin, mengatakan rekayasa lalu lintas dilakukan secara proporsional melihat kondisi di lapangan saat aksi berlangsung serentak pada pukul 15.00 WIB.

Adapun rekayasa arus lalu lintas tersebut menyasar ke sejumlah lokasi, mulai dari jalur Jalan Radial menuju Jalan Samsat Baru atau Jalan Kapten A Rivai, Jalan Jendral Sudirman Simpang RSK Charitas menuju Jalan Radial, serta Jalan Samsat Baru atau Jalan Kapten A Rivai.

Kemudian, Jalur dari Benteng Kuto Besak Simpang Samsat Baru atau Jalan Kapten A. Rivai mengarah simpang DPRD Sumatera Selatan dan Jalur dari Jalan Angkatan 45 diarahkan ke Jalan Jendral Sudirman Simpang RSK Charitas.

Upaya tersebut dilakukan sebab berdasarkan informasi yang dihimpun pihak kepolisian aksi demonstrasi May Day tersebut akan diikuti sebanyak 2.000 orang buruh tergabung dari berbagai organisasi ataupun aliansi serikat kerja di Palembang dan sekitarnya.

Ribuan orang buruh tersebut diagendakan akan berjalan berarakan menggunakan beberapa unit kendaraan mobil bak terbuka memuat pengeras suara dan sepeda motor menuju ke kantor DPRD Sumatera Selatan.

"Oleh karena itu akan lebih baik pengendara untuk menghindari ruas jalan yang akan menjadi lokasi atau perlintasan para buruh," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Palembang Kombes Pol Haryo Sugihartono, mengatakan kepolisian harus memastikan pelaksanaan aksi demonstrasi berlangsung tertib aman dan lancar.

Untuk itu, Kepolisian Resor Kota Besar Palembang menurunkan sebanyak 1.200 orang personel dari setiap satuan tugas kepolisian setempat.

Ribuan personel polisi diterjunkan dengan perintah bertugas secara humanis, proporsional dan mengedepankan diskusi.

"Kami juga berkoordinasi dengan kelompok atau aliansi buruh setempat untuk menjaga kondusifitas," tandasnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polisi Palembang rekayasa lalu lintas jelang demo buruh May Day