PTBA bedah empat unit rumah tak layak huni di Palembang

id ptba,bedah rumah,pt bukit asam,forum csr sumsel,berita palembang,kawasan kumuh

PTBA bedah empat unit rumah tak layak huni di Palembang

PT Bukit Asam Tbk bekerja sama dengan Forum CSR Kesejahteraan Sosial Sumatera Selatan dan Dinas Perumahan Rakyat & Kawasan Permukiman setempat memberikan bantuan bedah rumah untuk empat unit rumah tak layak huni di Palembang (ANTARA/HO-PTBA/2023)

Sebenarnya ini bukan yang pertama kali. Kami tahun ini sudah melakukan 25 sampai 30 unit bedah rumah tak layak huni, di antaranya empat unit Palembang, belum lagi di dekat wilayah operasi di Kabupaten Muara Enim
Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk bekerja sama dengan Forum CSR Kesejahteraan Sosial Sumatera Selatan serta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman setempat memberikan bantuan bedah rumah untuk empat unit rumah tak layak huni di Palembang.

Vice President Sustainability PT Bukit Asam (PTBA) Hartono di Palembang, Selasa, mengatakan bedah rumah empat unit di Palembang sudah selesai dilakukan yakni tiga unit di Kecamatan Kertapati (satu unit di Kelurahan Kemang Agung dan dua unit di Kelurahan Keramasan) dan satu unit di Kecamatan Ilir Barat I (Kelurahan 35 Ilir).

"Alhamdulillah kami sudah menyelesaikan salah satu program CSR atau TJSL PTBA di Kota Palembang, dengan membantu teman-teman di PTBA Unit Dermaga Kertapati dan juga Forum CSR Kessos Sumsel," katanya.

Ia berharap, program bedah rumah ini membawa manfaat bagi para penerimanya.

"Sebenarnya ini bukan yang pertama kali. Kami tahun ini sudah melakukan 25 sampai 30 unit bedah rumah tak layak huni, di antaranya empat unit Palembang, belum lagi di dekat wilayah operasi di Kabupaten Muara Enim," kata dia.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Sumsel Basyaruddin Akhmad mengatakan pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran untuk melakukan bedah rumah sebanyak 40 unit di kawasan kumuh.
PT Bukit Asam Tbk bekerja sama dengan Forum CSR Kesejahteraan Sosial Sumatera Selatan dan Dinas Perumahan Rakyat & Kawasan Permukiman setempat memberikan bantuan bedah rumah untuk empat unit rumah tak layak huni di Palembang (ANTARA/HO-PTBA/2023)


Bedah rumah ini melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan juga Dana Alokasi Khusus (DAK), kabupaten dan kota di Sumsel mendapatkan bantuan bedah rumah untuk sekitar 5.000 unit.

"Ke depan kami akan mendapat bantuan program RITTA, yakni Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa di Pangkalan Banteng, Kabupaten Banyuasin, Kota Prabumulih, dan Kota Palembang," ujarnya.

Anggota DPD RI Arniza Nilawaty mengaku bangga melihat keseriusan Kepala Disperkim Sumsel dalam melakukan bedah rumah untuk permukiman masyarakat yang tidak layak huni.

"Kami tahu bahwa bagaimana kriteria permukiman rumah keluarga yang tidak layak huni itu seperti apa. Karena ketidaklayakan ini memiliki imbas yang sangat jauh terkait dengan gizi mereka, kesehatan, dan masa depan anak-anak mereka," katanya.