Ipemi diminta tak hanya tingkatkan kesejahteraan anggota

id Diskop Sumsel, diskop dan UMKM, ipemi, tingkatkan kesejahteraan pengusaha muslimah, pelaku umkm, pengusaha muslimah

Ipemi diminta tak hanya tingkatkan kesejahteraan anggota

Kegiatan usaha UMKM muslimah pengusaha di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumatera Selatan meminta  Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) provinsi setempat tidak hanya meningkatkan kesejahteraan anggota tetapi seluruh muslimah pengusaha.

"Ipemi didorong tidak hanya memfokuskan perhatian kepada anggotanya yang kini berjumlah 400 orang, tetapi kepada semua muslimah pengusaha di 17 kabupaten dan kota provinsi setempat," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel, Amirudin di Palembang, Selasa.

Menurut dia, untuk meningkatkan kesejahteraan anggota yang merupakan pelaku UMKM muslimah itu, kegiatan pembinaan dan bantuan pemasaran produk UMKM yang dilakukan Ipemi selama ini perlu dioptimalkan lagi.

Ipemi sebagai wadah berhimpun pelaku UMKM muslimah dalam kondisi sulit dampak pandemi COVID-19 yang cukup panjang, didorong membuat program yang dapat membangkitkan dan mengembangkan usaha anggotanya dan yang belum menjadi anggota.

Pengurus Ipemi di tingkat provinsi dan 17 kabupaten/kota memiliki peran besar dalam mendorong pelaku UMKM bangkit dan tumbuh menjadi besar.

Ipemi bisa membantu meningkatkan keterampilan pelaku UMKM Muslimah untuk menghasilkan berbagai produk kekinian yang baik sesuai selera pasar dengan berbagai pelatihan, akses permodalan dan pemasaran, katanya.

Dia menjelaskan organisasi ini dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dengan memberdayakan anggotanya dalam mengelola usaha.

"Ipemi sebagai salah satu organisasi yang mendukung UMKM di Sumsel untuk tumbuh dan berkembang, kami menyambut baik paling tidak dalam bentuk mengembangkan programnya bagaimana berkontribusi dalam meringankan kerja-kerja pemerintah, terutama dalam hal ekonomi, perempuan dan syariah," ujarnya.

Untuk memberikan motivasi dan menambah rasa percaya diri anggota Ipemi, pihaknya akan melibatkan organisasi ini dalam pengembangan program halal bagi pelaku usaha di Sumsel.

"Kami akan melibatkan Ipemi dalam program produk halal karena anggotanya  muslimah pengusaha yang urusannya terkait penjualan produk halal," ujar Kadiskop dan UMKM itu.

Sementara Ketua Ipemi Sumsel, Musiawati mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumsel yang memberikan perhatian besar bagi pengembangan usaha dan peningkatan kesejahteraan anggotanya.

Anggota Ipemi Sunsel yang kini berjumlah 400 orang, merupakan pelaku UMKM yang bergerak di berbagai sektor usaha seperti kuliner, kerajinan tangan, jasa perjalanan dan pariwisata.

Dengan perhatian dan dukungan Pemprov melalui Dinas Koperasi dan UMKM, menjadi penyemangat pengurus dan anggota Ipemi untuk bangkit dan mengembangkan kegiatan usaha selaras dengan Program Gubernur Sumsel Herman Deru mewujudkan ekonomi muslimah yang berakhlakul karimah menuju Sumsel maju untuk semua.

Bagi perempuan muslimah pelaku UMKM yang berminat menjadi anggota Ipemi pihaknya terbuka bagi siapapun dan mempersilakan bergabung untuk bergandengan tangan maju dan berkembang bersama, kata Musiawati.