Peserta Rakernas JKPI tebar benih ikan di Sungai Musi

id Peserta rakernas rakernas JKPI, jaringan kota pusaka, pusaka, kota pusaka,menebar benih ikan, benih ikan, Sungai Musi

Peserta Rakernas JKPI tebar benih ikan di Sungai Musi

Kegitan penebaran benih ikan di Sungai Musi bersama peserta Rakernas IX JKPI. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Peserta Rapat Kerja Nasional ke-9 Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) melakukan penebaran benih ikan di Sungai Musi Palembang, Jumat, sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan menjaga ekosistem dan produksi ikan tetap tinggi.

Kegiatan penebaran benih ikan dalam rangkaian wisata air di Sungai Musi dan Pulau Kemaro Palembang, Sumsel, diikuti ratusan peserta perwakilan dari 44 kabupaten/kota dipimpin Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Wali Kota pada kesempatan itu menjelaskan bahwa kegiatan penebaran benih ikan itu bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan dan menjaga ekosistem Sungai Musi.

Ikan yang ditebar di Sungai Musi itu mencapai 40.000 ekor berbagai jenis seperti sepat, gabus dan ikan seluang, katanya.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya mengajak berbagai pihak dan lapisan masyarakat melakukan kegiatan penebaran benih ikan di Sungai Musi.

Dengan kegiatan penebaran benih ikan itu diharapkan beberapa jenis ikan di provinsi ini yang terancam punah bisa terus ada dan berkembang secara alami.

Untuk menjaga Sungai Musi dan berbagai jenis ikannya tetap lestari diimbau kepada seluruh warga untuk menjaga kebersihan sungai dan tidak menangkap ikan dengan cara melanggar hukum seperti menabur racun dan menggunakan tegangan listrik/menyetrum, ujar Wali Kota Harnojoyo.

Direktur Eksekutif JKPI, Asfarinal menjelaskan bahwa berbagai kegiatan yang dilakukan peserta, selain acara inti Rakernas di Palembang pada 2-5 November 2022, yakni seminar nasional, karnaval budaya, pertunjukan seni, permainan tradisional, pameran, penebaran benih ikan di Sungai Musi yang dirangkaikan dengan acara hiburan wisata air (Musi Tour) ke Pulau Kemaro sekaligus melakukan penanaman pohon pelindung di pulau tersebut.

Kemudian juga ada bazar di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang yang diikuti perwakilan UMKM dari 44 kabupaten/kota dari rencana semula 73 kabupaten dan kota, ujar Asfarinal.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Peserta Rakernas JKPI menebar benih ikan di Sungai Musi