BPKARSS terbitkan Kartu Merdeka HUT RI ke-77 bagi pengguna LRT

id Kartu Merdeka,LRT Palembang,kereta layang ringan,BPKARSS

BPKARSS terbitkan Kartu Merdeka HUT RI ke-77 bagi pengguna LRT

Kepala BPKARSS Dedik Tri Istiantara (dua dari kiri) bersama para pembicara dalam acara Forum Konsultasi Publik bertema "Peningkatan Iovasi Pelayanan LRT Palembang, Sumatera Selatan, di Hotel Aryaduta Palembang, Senin (15/8/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Dengan kartu itu mahasiswa dan pelajar hanya cukup dengan top up saldo Rp25.000 untuk bisa naik LRT sepuasnya
Palembang (ANTARA) - Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS) segera menerbitkan Kartu Merdeka spesial edisi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 tahun 2022.

Kartu Merdeka tersebut difungsikan sebagai alat pembayaran yang memudahkan masyarakat setiap menggunakan moda transportasi kereta api layang ringan atau LRT di Kota Palembang, kata Kepala BPKARSS Dedik Tri Istiantara di dalam acara Forum Konsultasi Publik di Palembang, Senin.

Menurut dia, dengan menggunakan Kartu Merdeka masyarakat bisa menggunakan LRT sepuasnya selama satu bulan cukup dengan mengisi ulang saldo senilai Rp30 ribu.

Selain mempermudah masyarakat mengakses kereta ringan LRT, kata dia, program itu juga bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Nontunai (GNNT) yang dicanangkan Kementerian Perhubungan.

Sebab, ia menyebutkan inovasi penerbitan kartu berlangganan tersebut cukup efektif untuk meningkatkan animo masyarakat naik LRT.

Baca juga: 4 Tahun LRT Sumsel, membangun budaya kembali ke angkutan umum

Hal tersebut diketahui ketika BPKARSS menerbitkan kartu LRT khusus untuk pelajar dan mahasiswa pada Juni 2022.

Dari penerbitan kartu LRT pelajar itu, lanjutnya, BPKARSS mencatat jumlah penumpang dari sebanyak 88 perjalanan LRT per hari saat ini didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa  hingga 70 persen dari total okupansi mencapai 7-8 ribu orang.

"Dengan kartu itu mahasiswa dan pelajar hanya cukup dengan top up  saldo Rp25.000 untuk bisa naik LRT sepuasnya per bulan, itu kita coba terapkan melalui Kartu Merdeka ini yang bakal diefektifkan pada 20 Agustus 2022," kata dia.

Dedik menjelaskan program tersebut nantinya akan diperluas ke segmen lainnya seperti penerbitan kartu difabel, kartu ASN maupun jenis pekerja lainnya.

Hal tersebut, kata dia, sebagai komitmen BPKARSS untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi publik yang murah, aman dan nyaman kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Sehingga, harapan pelayanan publik yang diberikan oleh kami semakin hari semakin baik dan berkualitas," tandasnya.

Baca juga: BPKARSS komersialkan ratusan tiang lintasan LRT Palembang

Baca juga: LRT Palembang jadi tren di kalangan pelajar dan mahasiswa


Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022