DPRD OKU minta PU perbaiki saluran air atasi banjir

id Bencana banjir, saluran air, Dinas Perkim, warga korban banjir, DPRD OKU

DPRD OKU minta PU perbaiki saluran air atasi banjir

Banjir merendam ribuan rumah penduduk di Kota Baturaja, Kabupaten OKU pada Kamis (9/6). (ANTARA/Edo Purmana/22)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, meminta Dinas Pekerjaan Umum setempat segera memperbaiki saluran air di kawasan Kelurahan Sekarjaya yang rusak untuk mengatasi banjir yang terjadi pada Kamis (9/6).

"Kami sudah mendengar secara langsung keluhan masyarakat terkait penyebab banjir beberapa waktu lalu," kata Ketua DPRD Ogan Komering Ulu (OKU), Marjito Bahri di Baturaja, Rabu.

Menurut dia, mayoritas masyarakat yang menjadi korban banjir meminta agar Pemkab OKU memperbaiki dan menyediakan fasilitas saluran air yang memadai agar dapat meminimalkan bencana banjir di wilayah itu.
Baca juga: Banjir nyaris lumpuhkan aktivitas warga Kota Baturaja

Oleh sebab itu, Marjito dengan tegas meminta kepada pihak terkait untuk segera menindaklanjuti permintaan warga agar masalah banjir dapat teratasi.

"Segera ditindaklanjuti apa yang menjadi keluhan dan keinginan dari masyarakat ini agar ke depannya banjir tidak terulang lagi," tegasnya.

Menurutnya, wilayah Kelurahan Sekarjaya merupakan daerah terparah terdampak banjir dengan ketinggian air mencapai 2-3 meter.

Banjir yang disebabkan intensitas hujan tinggi ditambah tersumbatnya saluran air tersebut merendam ratusan rumah penduduk dan merusak ratusan los pedagang di Pasar RS Sriwijaya, termasuk lima unit pasar ritel Alfamart dan Indomaret hingga tidak bisa beroperasi.

Aktivitas di pasar tradisional tersebut lumpuh total saat banjir karena hampir seluruh alat dagangan milik pedagang hanyut terbawa arus banjir.
Baca juga: Ribuan rumah warga di Kota Baturaja dilanda banjir