Kota Palembang tingkatkan kualitas SDM puskesmas

id puskesmas, kualitas sdm puskesmas, tingaktkan kualitas sdm puskesmas, pemkot palembang tingkatkan

Kota Palembang tingkatkan kualitas SDM puskesmas

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada warga daerah itu.

"Untuk meningkatkan kualitas SDM puskesmas, secara berkala memberikan kesempatan kepada tenaga medis dan nonmedis mengikuti pelatihan, bimbingan teknis, dan seminar terkait kesehatan masyarakat dan perbaikan pelayanan masyarakat," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa.

Dia mengharapkan dengan SDM puskesmas berkualitas, mereka dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara fleksibel dan mampu mengelola keuangan dengan baik.

Dia mengharapkan melalui upaya tersebut, petugas puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan itu bertanggung jawab akan tugas pentingnya dengan memperhatikan azas keadilan dan kepatutan.

Selain meningkatkan kualitas SDM agar dapat memberikan pelayanan terbaik di puskesmas, pihaknya terus melakukan evaluasi standar pelayanan minimal (SPM) fasilitas kesehatan tingkat pertama itu.

Dengan SDM puskesmas yang baik, kata dia, warga Palembang bisa merasakan pelayanan kesehatan yang optimal sehingga tidak perlu ke rumah sakit, terutama untuk gejala sakit ringan dan sedang.

Terkait dengan pandemi COVID-19 sekarang ini, pihaknya juga berupaya meningkatkan disiplin warga setempat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) agar tidak terinfeksi virus corona jenis baru itu.

"Masyarakat diharapkan selalu menerapkan prokes, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik secara ketat ketika ke luar rumah atau berada di pusat keramaian sehingga pandemi COVID-19 bisa segera diakhiri," ujar dia.