Pengelola Bandara SMB II Palembang bangun arena gokart

id gokart palembang,bandara palembang,bandara smb II palembang,lrt bandara,mtb palembang,kadin palembang,wisata palembang,u

Pengelola Bandara SMB II Palembang bangun arena gokart

Sejumlah pembalap gokart beradu cepat di lintasan basah pada kelas Formula 125 saat Asian Karting Championships 2020 putaran pertama di Sentul Internasional Karting Sirkuit, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (16/2/2020). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.)

Palembang (ANTARA) - Pengelola bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang berencana membangun arena olahraga gokart dan sepeda gunung untuk meningkatkan pelayanan, sekaligus mengembangkan potensi bandara sebagai destinasi wisata.

Eksekutif GM PT Angkasa Pura II KC Bandara SMB II Palembang KRAT Tommy Ariesdianto, Sabtu, mengatakan arena gokart akan berada di parkir internasional bandara dan arena MTB berada di sisi Stasiun LRT bandara seluas empat hektare.

"Insyaallah tahun ini bisa terealisasi," ujarnya.

Menurut dia, keberadaan bandara saat ini tidak lagi hanya sebagai tempat masyarakat menggunakan jasa penerbangan, melainkan perlu berkembang menjadi kawasan wisata dan ekonomi kreatif, guna mengoptimalkan aset yang berpotensi menambah pemasukan bandara.

Pihaknya menargetkan kalangan keluarga dan komunitas dalam mengembangkan wisata gokart, rencana tersebut didukung dengan pengoptimalan airport plaza serta penambahan beberapa fasilitas seperti jalur sepeda.

Pengembangan wisata itu juga untuk menanggulangi dampak penurunan penumpang yang mencapai 70 persen akibat pandemi COVID-19 selama setahun terakhir yang berdampak pada turunnya pendapatan Bandara SMB II Palembang.

"Inovasi bandara menjadi destinasi wisata juga banyak dilakukan bandara-bandara besar di dunia," kata dia menambahkan.

Pengembangan wisata itu juga diselaraskan dengan dukungan terhadap UMKM karena sepaket dengan pengoptimalan ekonomi kreatif, pihaknya akan menggandeng Kadin Palembang untuk membuat lokasi khusus produk-produk UMKM di Bandara SMB II Palembang.

"Konsepnya nanti little Palembang, jadi dari produk-produk yang dijual masyarakat dapat langsung mengetahui tentang Palembang," katanya.