Pemkab bangun taman bercorak batik khas OKU Sumsel

id Taman batik khas OKU, Dinas Pekrim OKU, bangun taman, RS Sriwijaya, ruang terbuka hijau

Pemkab bangun taman bercorak batik khas  OKU Sumsel

Taman Kemalaraja yang dibangun Dinas Perkim OKU pada 2020 silam. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, tahun 2021 ini membangun taman bercorak batik khas daerah setempat di kawasan Perumahan RS Sriwijaya, Kecamatan Baturaja Timur.

Kepala Dinas Perkim Ogan Komering Ulu (OKU), Ulia Mahdi melalui Kabid Kawasan Permukiman, Muzaim di Baturaja, Kamis, menyebutkan pada tahun ini pihaknya membangun satu titik taman dengan motif batik khas Kabupaten OKU.

"Taman ini akan dibangun tidak jauh dari gerbang pintu masuk kawasan RS Sriwijaya," katanya.

Taman ini dibangun dengan desain motif batik khas Kabupaten OKU seperti motif bunga kangkung, Pucuk Rebung dan motif Bunga Matahari.

Di taman ini juga akan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya layaknya ruang terbuka hijau seperti kursi dan tempat berinteraksi berbagai aktifitas sosial masyarakat di wilayah itu.

"Jadi, taman ini nantinya dapat dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau warga lainnya," ujarnya.

Taman yang rencananya diberi nama Griya Sebimbing Sekundang ini dibangun dengan menelan dana sebesar Rp400 juta.

"Untuk sementara belum ada nama. Namun, rencananya taman ini akan dinamai Taman Griya Sebimbing Sekundang," ujarnya.

Selain taman, Muzaim menambahkan, pada tahun ini juga pihaknya akan membangun pedestrian atau jalur khusus untuk pejalan kaki yang dilengkapi fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Fasilitas yang akan dibangun tersebut seperti guiding block atau keramik yang mempunyai desain khusus berupa garis lurus dan bulatan-bulatan guna membantu mengarahkan pejalan kaki yang mempunyai kebutuhan khusus terlebih untuk penyandang tunanetra.

"Untuk tahap awal jalur pedestrian ini akan dibangun sepanjang 250 meter dengan lebar tiga meter di Jalan Ahmad Yani Baturaja," ujar dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar