Jejak Bumi Indonesia dorong Pemkab OKU Selatan bangun Taman Margasatwa

id Taman Margasatwa, kebun binatang, kawanan gajah liar, tim penggiring gajah, JBI OKU,JBI dorong Pemkab OKU Selatan,dorong

Jejak Bumi Indonesia dorong Pemkab OKU Selatan bangun Taman Margasatwa

Universitas Muhammadiyah Palembang membentuk tim penggiring gajah liar di OKU Selatan, Selasa (20/9). (ANTARA/Edo Purmana/22)

Muaradua (ANTARA) - Lembaga Lingkungan Hidup Jejak Bumi Indonesia (JBI) mendorong Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan membangun Taman Margasatwa untuk menjaga habitat kawanan gajah liar agar tidak punah.

"Seperti kita ketahui keberadaan gajah liar di OKU Selatan ini sering kali mengganggu ketenteraman penduduk karena habitatnya terganggu dijadikan lahan pertanian," kata Pendiri JBI Kabupaten OKU, Hendra Setyawan di Baturaja, Jumat.

Oleh sebab itu, Hendra menilai perlu adanya upaya dari pihak terkait untuk mengatasi konflik antara manusia dan hewan mamalia tersebut dengan membuat tempat konservasi khusus bagi gajah liar.

Hendra pun mendukung langkah yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Palembang yang telah membentuk tim penggiring gajah liar di OKU Selatan untuk diselamatkan dari ancaman manusia agar keberadaanya tidak punah.

Baca juga: JBI dukung tim penggiring gajah liar di OKU Selatan

"Namun upaya itu saja tidak cukup, masih diperlukan langkah strategis dengan membuatkan tempat khusus untuk kawanan gajah liar, seperti taman margasatwa," katanya.

Dia menjelaskan, taman margasatwa adalah tempat hewan yang dipelihara dalam lingkungan buatan dan dapat dipertunjukkan kepada publik.

Selain menjadi tempat rekreasi, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat pendidikan, riset, dan tempat konservasi untuk satwa terancam punah.

"Wisata alam margasatwa ini juga dapat mendukung objek wisata Danau Ranau yang ada di OKU Selatan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Universitas Muhammadiyah Palembang, Dr Asvic Helida sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim yang berjumlah lebih 100 orang untuk melakukan penggiringan kawanan gajah liar ke kawasan Suaka Margasatwa Gunung Raya, Kabupaten OKU Selatan.

Pembentukan tim penggiring ini dilakukan untuk meminimalisir konflik gajah liar dengan manusia yang sering terjadi di wilayah itu.

Baca juga: JBI OKU Sumsel dorong pemerintah siapkan lahan habitat gajah

"Kita ketahui bersama permasalahan gajah liar yang masuk ke permukiman penduduk, bahkan merusak perkebunan warga di OKU Selatan sering terjadi sehingga perlu adanya upaya untuk mencegah konflik agar tidak berkepanjangan," kata dia.

Tim yang telah dibentuk ini diberikan pelatihan agar proses pemindahan gajah dari hutan lindung ke kawasan Suaka Margasatwa Gunung Raya, Kabupaten OKU Selatan berjalan maksimal.

"Proses pemindahan gajah liar akan dilakukan sesegera mungkin agar keberadaan kawanan gajah liar tidak mengancam keselamatan warga," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: JBI dorong Pemkab OKU Selatan bangun Taman Margasatwa
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022