Pemprov Sumsel dorong pengembangan wisata Pagaralam

id pariwisata,wisata,wisata pagaralam,kota pagaralam,wisata sumsel

Pemprov Sumsel dorong pengembangan  wisata Pagaralam

Gubernur Sumsel Herman Deru memanen jeruk di Pagaralam, Sabtu (26/12). (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong pengembangan sektor pariwisata di Kota Pagaralam agar menjadi destinasi unggulan di daerah setempat.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Minggu, mengatakan, Kota Pagaralam ini memiliki keunggulan dari sisi keindahan alam karena berada di kaki Gunung Dempo sehingga layak dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata unggulan bagi Sumatera Selatan.

“Keindahan alam itu bisa dikemas menjadi paket wisata, apalagi pengembangan agro wisata di Pagaralam juga sudah dijalankan seperti adanya perkebunan buah-buahan dan kopi,” katanya.

Ia mengatakan, salah satu yang sangat menarik yakni agrowisata perkebunan jeruk di Kelurahan Agung Lamongan Kecamatan Dempo Utara dan tempat wisata Green Paradise di Kelurahan Bumi Agung Kecamatan Dempo Utara.

Menurutnya, Pagaralam memiliki potensi pariwisata yang sangat baik dan bisa menunjang perputaran ekonomi. Terlebih, ekonomi Pagaralam masih terbilang baik meski pada masa pandemi covid-19. Namun, pengembangan ini juga harus didukung oleh ketersediaan infrastruktur dan SDM.

Untuk itu, Pemprov memberikan dukungan untuk perbaikan infrastruktur seperti pembangunan jalan ke kawasan wisata.

Selain itu, pengembangan pariwisata ini harus dilakukan secara menyeluruh sehingga wisatawan yang datang merasa sangat nyaman sehingga muncul citra baik dari Kota Pagaralam.

“Ini juga salah satu bentuk promosi, karena kenyamanan di Pagaralam ini diceritakan oleh wisatawan melalui media sosialnya,” kata dia.

Menurutnya, perlu dilakukan peningkatan untuk sektor penunjang salah satunya transportasi, yangmana disarankan memiliki bus terbuka atau tanpa atap seperti yang ada di Kota Bandung. Jawa Barat.

“Pemkot Pagaralam dapat bekerja sama dengan Bank daerah untuk mewujudkannya,” kata dia.