Telkomsel tingkatkan kapasitas internet 43,55 persen di Sumsel

id telkomsel,internet,telkomsel sumbagsel,internet sumsel,broadband,sekolah daring

Telkomsel tingkatkan kapasitas  internet 43,55 persen di Sumsel

Petugas Telkomsel melakukan instalasi di salah satu tower di Sumsel. (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Operator telekomunikasi Telkomsel meningkatkan kapasitas jaringan internet atau broadband sebesar 43,55 persen di Sumatera Selatan untuk mendukung program belajar jarak jauh di provinsi itu.

GM Network Operation and Quality Management Telkomsel Regional Sumbagsel Rowland Silalahi di Palembang, Rabu, mengatakan peningkatan kualitas jaringan tersebut merupakan prioritas utama sehingga bakal disebar di sejumlah wilayah di Sumsel.

“Kami telah meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 43,55 persen, terutama di wilayah residensial,” kata dia.

Rowland melanjutkan, selain peningkatan kapasitas, Telkomsel juga memperluas jangkauan jaringan, yang mana sejauh ini sudah mencapai 99,1 persen populasi di Sumsel.

Ia melanjutkan, Telkomsel juga telah menyiagakan tim yang secara khusus menangani pemantauan dan peningkatan kualitas untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam beraktivitas digital.

“Tim ini akan terus berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, seperti Dinas Komunikasi dan Informatika RI, agar standar kualitas layanan serta aspek teknis lainnya dapat terpenuhi,” kata dia.

Rowland mengatakan upaya kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan akan terus didorong untuk menunjang aktivitas tersebut, terutama belajar jarak jauh, selama masa pandemi.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan pemerintah akan membantu memenuhi kebutuhan kuota bagi pelajar dan tenaga pendidik.

Namun demikian, kebutuhan kuota bukanlah satu-satunya masalah. Ada satu tantangan yang harus dihadapi yaitu kualitas jaringan yang mumpuni untuk proses belajar jarak jauh.

“Selain kuota, jangkauan dan kualitas jaringan menjadi prioritas utama kenyamanan masyarakat terutama guru dan pelajar,” kata dia.

Gubernur menilai Telkomsel sebagai operator dengan jangkauan jaringan terluas bakal mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

“Kami yakin Telkomsel akan terus meningkatkan kualitas jaringannya agar proses belajar jarak jauh ini semakin nyaman digunakan masyarakat, khususnya saat belajar daring,” kata dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar