BPS OKU terjunkan 285 petugas Sensus Penduduk 2020

id Sensus Penduduk 2020, libatkan 285 petugas, dari rumah ke rumah, data warga, siapkan APD standar, antisipasi COVID-19,BP

BPS OKU terjunkan 285 petugas  Sensus Penduduk 2020

Kepala BPS OKU, Budiriyanto. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menerjunkan 285 orang petugas untuk melaksanakan Sensus Penduduk 2020 ke rumah-rumah warga di wilayah setempat pada 1 September 2020.

"Sensus Penduduk (SP) 2020 secara langsung selama satu bulan ini mulai dilaksanakan pada 1-30 September mendatang," kata Kepala BPS Ogan Komering Ulu (OKU), Budiriyanto di Baturaja, Senin.

Dia mengemukakan, 285 petugas yang akan dilibatkan ini bertugas melakukan pendataan Sensus Penduduk 2020 ke rumah warga di Kabupaten OKU untuk diverifikasi guna dicetak daftar penduduk menurut Satuan Lingkungan Setempat (SLS).

"Petugas SP2020 hanya melaksanakan pemeriksaan daftar penduduk dan verifikasi lapangan melalui wawancara tatap muka dengan penduduk dari rumah ke rumah (door to door)," katanya.

Petugas sensus penduduk ini akan diberikan pelatihan secara virtual dan wajib mengikuti rapid test sebelum terjun ke lapangan untuk menjalankan tugasnya.

"Untuk rapid test nanti kami melibatkan Dinas Kesehatan OKU guna memastikan seluruh petugas sensus tidak terpapar virus corona," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, BPS OKU juga menyiapkan alat pelindung diri (APD) standar seperti masker, face shield dan hand sanitizer untuk digunakan oleh seluruh petugas di lapangan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Selama menjalankan tugasnya, lanjut dia, para petugas sensus diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh agar program satu data penduduk Indonesia ini berjalan maksimal.

"Kami juga meminta bantuan pendampingan dari Ketua RT dan sejumlah masyarakat setempat, jika nanti ada petugas kami yang datang untuk diterima dengan baik sehingga program ini terlaksana sesuai harapan," harapnya.