BPS Ogan Komering Ulu sediakan mobil layanan Sensus Penduduk Online

id BPS siapkan mobil sensus penduduk 2020,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

BPS Ogan Komering Ulu sediakan mobil  layanan Sensus Penduduk Online

Kepala BPS OKU, Budriyanto melakukan update data Sensus Penduduk 2020. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyediakan mobil layanan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) guna melayani masyarakat dalam memasukkan data sensus penduduk secara online (daring).

"Mobil layanan yang kami siapkan di Taman Kota Baturaja ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengisi data Sensus Penduduk 2020," kata Kepala BPS Ogan Komering Ulu (OKU), Budiriyanto di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, mobil layanan Car Free Day ini disiapkan pihaknya di Taman Kota Baturaja setiap hari Minggu hingga 31 Maret 2020 mendatang.

"Silahkan khususnya masyarakat OKU untuk datang ke ruang konsultasi di Car Free Day di Taman Kota Baturaja setiap hari Minggu. Kami juga melayani konsultasi dan pengisian SP2020 online," katanya.

Dengan memanfaatkan Car Free Day ini, kata dia, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengisi data Sensus Penduduk 2020 sekaligus dapat berkonsultasi tentang apa saja tentang SP2020.

"Bahkan petugas dari BPS Kabupaten OKU dapat membantu masyarakat mengisi data secara mandiri," tegasnya.

Dia menjelaskan, SP2020 yang dilaksanakan hingga 31 Maret 2020 tersebut bertujuan untuk memperoleh data dasar kependudukan yang sangat strategis dan terkini untuk menuju satu data Indonesia.

Pengumpulan data SP 2020 dilakukan dengan metode kombinasi, yaitu memanfaatkan data adminduk dari Ditjen Dukcapil sebagai data dasar untuk pencacahan penduduk secara lengkap.

"Kami juga menyiapkan duta sensus di setiap kecamatan di Kabupaten OKU yang bertugas menyosialisasikan sensus penduduk dan membantu warga untuk mengisi data sensus online," ujarnya.***1***