Replika Stupa Borobudur diresmikan di Ukraina

id Ukraina

Replika Stupa Borobudur  diresmikan di Ukraina

Pekerja banngunan seni yang didatangkan langsung dari Indonesia tengah mengerjakan replika Stupa Candi Borobudur yang dibangun di area Taman Indonesia di kawasan National Botanical Garden MM Gryshko, Kiev, Ukraina. Stupa tersebut akan diresmikan 17 Agustus 2019. (ANTARA/Dok. KBRI Kiev)

London (ANTARA) - Replika Stupa Candi Borobudur, simbol mahakarya nusantara berukuran sama dengan aslinya dibangun KBRI Kyiv di Kebun Raya Nasional MM Gryshko, Kyiv, ibu kota Ukraina dan diresmikan Dubes RI di Ukraina, Yuddy Chrisnandi, 17 Agustus bertepatan dengan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI.

Acara peresmian berlangsung di Taman Indonesia di kawasan National Botanical Garden MM Gryshko Kyiv bertepatan dengan pelaksanaan Resepsi Diplomatik HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dihadiri sekitar 400-an orang dari berbagai kalangan, mulai dari politisi, pengusaha, para kepala perwakilan asing dan organisasi internasional berakreditasi di Ukraina, tokoh masyarakat, budayawan, pejabat tinggi Ukraina, masyarakat Indonesia di Ukraina, kalangan jurnalis media setempat, friends of Indonesia di Ukraina dan mitra KBRI.

Acara dimulai pada pukul 16.30 waktu setempat, ditandai dengan pemukulan gong tiga kali, langsung diikuti dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang membuat suasana khidmat dan mendebarkan, dan disambung dengan lagu kebangsaan Ukraina.

Setelah itu, disusul dengan pidato sambutan peresmian replika Stupa Borobudur oleh Kepala Dewan Presidum National Academy of Sciences of Ukraine Prof Volodymyr Radchenko, otoritas yang membawahi Kebun Raya Nasional MM Gryshko, dan disambung Dubes Yuddy Chrisnandi, diikuti dengan prosesi peresmian stupa dan resepsi diplomatik HUT Ke-74 Kemerdekaan RI.

Dalam sambutannya, Prof Dr Volodymyr Radchenko, ilmuwan Ukraina menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas kerjasamanya, serta mengapresiasi upaya KBRI dalam membangun replika Stupa Borobudur dan Taman Indonesia ini di wilayah kebun raya.

Dubes Yuddy menyampaikan kegembiraannya dapat membangun replika stupa yang merupakan mahakarya nusantara, lambang simbol kebesaran peradaban bangsa Indonesia ini di Ukraina.

Pada kesempatan saat bangsa Indonesia merayakan 74 Tahun Kemerdekaan RI ini, Dubes Yuddy menyampaikan kepada rakyat Ukraina ucapan selamat menyambut Hari Kemerdekaan Ke- 28 Ukraina yang jatuh pada tanggal 24 Agustus mendatang.

Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, Dubes mempersembahkan replika Stupa Borobudur ini sebagai hadiah Hari Kemerdekaan Ukraina sekaligus sebagai tanda kenangan persahabatan abadi antara Indonesia dengan Ukraina.

Stupa Borobudur ini adalah ungkapan cinta kasih bangsa Indonesia kepada rakyat Ukraina sebagai tanda kenangan persahabatan abadi yang akan tinggal selama-lamanya, ujarnya.

Di hadapan sekitar 400 tamu menyaksikan peresmian, Dubes Yuddy menyampaikan replika Stupa Borobudur ini merupakan sumber inspirasi kreatif bagi generasi penerus kedua bangsa Indonesia dan Ukraina yang akan menyatukan persahabatan abadi sebagai upaya kedua bangsa turut menciptakan perdamaian dunia.

Dubes berharap kehadiran Stupa Borobudur di Ukraina ini memberi inspirasi bagi dunia tentang arti pentingnya persahabatan, dan cinta kasih umat manusia yang tanpa terbatas.

Dubes bersama Kepala Dewan Presidium National Academy of Sciences of Ukraine dan tamu VIP lainnya melakukan pengguntingan pita dan membuka tirai penutup stupa tanda peresmian replika Stupa Borobudur di Ukraina.

Prosesi pembukaan tirai penutup stupa tanda peresmian terasa sakral dan penuh kharisma budaya Indonesia berkat alunan musik gamelan dan bunyi gong besar mengiringi terbuka tirai secara perlahan hingga terlihat keanggunan stupa yang berdiri kokoh di hadapan para hadirin.

Hadirin disambut tarian pembuka Lenggang Nyai dari Jawa Barat yang dibawakan gadis remaja ayu Ayesha Fatma Nandhira, putri Dubes Yuddy bersama Maryna Kyrylchuk, eks penerima beasiswa RI Darmasiswa dengan lincah dan anggun menari di depan stupa.

Dubes Yuddy mempersilakan tamu mencicipi hidangan khas Indonesia yang ditata serba hijau beralaskan daun pisang asli yang khusus disiapkan sang maestro chef cook KBRI, Putu Mahayasa.

Sambil menikmati jamuan khas Indonesia, ditampilkan Tari Pendet dan Tari Batik dibawakan mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Kyiv Taras Shevchenko, serta tari Jaipongan oleh Ayesha Fatma Nandhira, puteri Dubes Yuddy.

Viktoria Marmurash, peserta program beasiswa Darmasiswa RI yang baru kembali dari Indonesia mendemonstrasikan keahliannya menari Bali. Pentas budaya ditampilkan mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Taras Shevchenko, friends of Indonesia di Ukraina.

Replika Stupa Candi Borobudur dibangun selama 51 hari oleh tiga pekerja seni bangunan didatangkan dari Indonesia. Stupa berada di areal Taman Indonesia yang dibangun KBRI dan diresmikan pada 28 Oktober 2017 lalu di kawasan National Botanical Garden MM Gryshko di Kyiv, kebun raya terbesar di Kyiv termasuk terbesar di Ukraina memiliki ribuan spesies pohon dan tanaman tropis dan subtropis. Kebun raya seluas 1,2 km2 (120 hektare) ini dibangun tahun 1932 merupakan obyek wisata tidak pernah sepi pengunjung.