Global Qurban ACT sembelih 15 sapi bagikan ke korban gempa Lombok

id Idul Adha,Korban gempa,act,gempa lombok

Global Qurban ACT sembelih 15 sapi bagikan ke korban gempa Lombok

Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyembelih 15 ekor sapi untuk warga yang tinggal di Integrated Community Shelter (ICS) Gondang, warga Lombok Utara yang merupakan korban gempa setahun lalu. (ACT)

Mataram (ANTARA) - Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyembelih 15 ekor sapi untuk warga yang tinggal di Integrated Community Shelter (ICS) Gondang, Lombok Utara dan warga lainnya yang merupakan korban gempa setahun lalu.

"Alhamdulillah, kemarin kita menyembelih 15 ekor sapi, amanah dari Kajian Musawarah melalui program Musyawarah Berkurban. Nantinya, 15 ekor sapi ini akan didistribusikan ke seluruh kecamatan di Lombok Utara. Warga-warga di ICS juga akan dapat dagingnya," kata Ketua Program ACT Cabang NTB Romi Saefudin,   melalui siaran persnya, di Mataram, Selasa.

Program tersebut dilaksanakan di masjid yang terletak di dekat ICS, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.  

Meskipun mesjid itu kini rata dengan tanah, namun warga tetap memilih menunaikan Shalat Idul Adha di sana. Karena dahulunya masjid inilah yang cukup menampung warga dari empat dusun di Desa Gondang untuk shalat Idul Adha.

"Bahkan sampai keluar teras saking banyaknya. Sementara sekarang masjid masih rata dengan tanah dan belum kita bangun lagi. Kalau di tempat lain takut tidak cukup dan agak jauh juga," kata Kemar, pengurus Masjid Jami An-Nur.

Keempat dusun tersebut adalah Karangpendagi, Karangbedil, Karangamur, serta Karanganyar.

Kemar menceritakan, setahun pascagempa bermagnitudo 7,0 yang mengguncang Lombok pada Agustus 2018, kehidupan warga semua dusun sudah normal kembali. Terlihat dengan ratusan orang memenuhi masjid tempat shalat. Namun ia mengakui, warga masih juga sering trauma karena gempa tahun lalu tersebut.

Sampai sekarang, beberapa warga langsung bersiaga bila ada gempa-gempa kecil yang mereka rasakan.

"Gempanya sudah berlalu, tapi pembangunan rumahnya  belum selesai. Alhamdulillah, bantuan ini cukup meringankan keadaan kami yang masih tinggal di ICS ini. Jadi kami sangat berterima kasih kepada ACT dan Global Qurban," kata Rifai,  penghuni ICS Gondang.

Untuk menjangkau kebutuhan pangan di berbagai belahan dunia, Global Qurban-ACT juga masih membuka kesempatan menyalurkan dana kurban hingga hari Tasyrik ketiga, Selasa (13/8).