Warga tangkap buaya meresahkan di Indragiri Hulu

id buaya, danau meduyan, inhu

Warga tangkap buaya meresahkan di Indragiri Hulu

Ilustrasi. Buaya berhasil ditangkap.

....Buaya dijerat dengan tali, tidak meninggalkan bekas karena caranya unik....
Rengat (ANTARA) - Warga Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, berhasil menjerat buaya sepanjang tiga meter di objek wisata Danau Meduyan Kota Lama karena hewan ganas itu meresahkan warga  dan kerap menampakan diri di permukaan air danau.

"Buaya dijerat dengan tali, tidak meninggalkan bekas karena caranya unik," kata salah satu warga Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Sondang di Rengat, Minggu.

Buaya tersebut berhasil ditangkap warga pada Sabtu (29/6) sekira pukul 19.30 WIB. Hewan jenis predator tersebut memiliki panjang tubuh tiga meter lebih dengan jenis kelamin jantan.

Masyarakat selama ini selalu diusik oleh tiga ekor buaya yang berada di Danau Meduyan Kota Lama. Ada yang berwarna putih, hitam dan coklat, sedangkan yang tertangkap adalah berwarna hitam besar.

Hanya dengan pakai tali, buaya berhasil diamankan. Penangkapan itu disaksikan oleh sejumlah warga.

Kepala Desa Kota Lama, Herman Syukur mengatakan buaya tersebut berhasil ditangkap berkat upaya masyarakat sekitar dengan menggunakan perangkap tradisional dibuat sedemikian rupa. Sejak dipasang beberapa hari lalu, akhirnya binatang ini baru bisa ditangkap pada Sabtu malam pukul 19.30 WIB.

"Perangkap sudah dipasang tiga hari lalu, ditangkap malam hari karena kebetulan dia keluar dari air dan masuk ke perangkap," jelas Herman.

Herman menambahkan, saat penangkapan warga juga sedikit kesulitan untuk melakukan pengikatan karena buaya itu bersikap agresif.

"Butuh waktu dan bantuan warga sehingga berhasil menangkapnya, saat ini buaya sudah berada di rumah salah satu warga," ujarnya.

Kini ketakutan masyarakat diharapkan sedikit mereda, pasalnya sosok salah satu buaya di Wisata Danau Meduyan Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat, Inhu yang sering meneror warga sekitar berhasil ditangkap dengan perangkap sederhana.

Ia mengatakan pihaknya sudah melaporkan penangkapan buaya itu kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Meski belum sempat melukai warga, keberadaan buaya di danau yang banyak dikunjungi warga itu menjadi sesuatu yang menakutkan.

Warga khawatir jika sedang bersantai di tepi danau kemudian disergap buaya. Apalagi beberapa waktu lalu di Kabupaten Siak, terdapat seekor buaya sadis yang menelan seorang warga hidup-hidup. Beritanya sempat viral hingga membuat warga di tepi Danau Meduyan ketakutan.