Raja-raja Nusantara hadiri Dhaup Ageng Puro Pakualaman

id Dhaup Agen,pernikahan agung putra sulung KGPAA Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya,raja-raja Nusantara,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,an

Raja-raja Nusantara hadiri Dhaup Ageng Puro Pakualaman

Raja-raja dari keraton dan kasultanan se-Nusantara menghadiri resepsi Dhaup Ageng atau pernikahan agung putra sulung KGPAA Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro dan Maya Lakshita Noorya di Istana Puro Pakualaman, Yogyakarta, Sabtu (5/1). Foto : (ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA News Sumsel) - Raja-raja dari keraton dan kasultanan se-Nusantara menghadiri resepsi Dhaup Ageng atau pernikahan agung putra sulung KGPAA Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro dan Maya Lakshita Noorya di Istana Puro Pakualman, Yogyakarta, Sabtu.

Pantauan Antara, sejumlah raja-raja Nusantara dengan busana adat masing-masing mulai berdatangan di kompleks Puro Pakualaman pukul 10.00 WIB dengan diwakal sejumlah prajurit.

Sejumlah raja yang hadir antara lain berasal dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan, Kerajaan Sekala Brak Lampung Barat, Kerajaan Denpasar Bali, serta Keraton Kasunanan Surakarta.

"Saya baru pertama kali seumur hidup 'jagong' (menghadiri acara resepsi) di Pakualaman. Ini peristiwa yang bagi saya bersejarah apalagi di era sekarang ini," kata Ketua Lembaga Adat Keraton Kasunanan Surakarta GKR Wandansaru atau Gusti Mung.

Gusti Mung berharap kedua mempelai dapat meneladani dan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh para sesepuh terdahulu di Pura Pakualaman. "Semoga menjadi keluarga yang sakainah dan betul-betul bisa mengembangkan budaya Jawa karena keraton-keraton di Jawa ini adalah sumber kebudayaan," kata dia.

Sementara itu, Raja Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan Andi Kumala Ijo mengaku di undang bersama raja-raja yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara. "Selamat kepada kedua mempelai supaya menjadi keluarga yang bahagia," kata Andi Kumala.

Setelah acara ijab kabul yang berlangsung pada Sabtu pagi, acara resepsi pernikahan yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dilangsungkan di Bangsal Sewotomo, Kagungan Dalem Pura Pakualaman pada pukul 11.00 WIB.

Kusumo Bimantoro yang lahir di Yogyakarta pada 10 April 1992 merupakan sulung dari dua bersaudara putra K.G.P.A.A. Paku Alam X dan G.K.B.R.A.A. Paku Alam.

Jenjang pendidikan ditempuhnya di Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sedangkan perempuan yang akan ia persunting yakni Maya Lakhsita Noorya lahir di Sleman pada 27 April 1991. Putri dari Mandiyo Priyo dan Rini Wijayanti ini merampungkan pendidikan tingginya di Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).