Pemkot Palembang tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

id Harobin Mastofa,pelayanan kesehatan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Pemkot Palembang tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

Arsip- Suasana ruang tunggu Puskesmas di Palembang . (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Bumi Sriwijaya itu untuk meningkatkan kualitas hidup dan daya saing di era globalisasi ini.

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga kota ini, dilakukan dengan cara menambah peralatan modern dan fasilitas pendukung yang memadai di rumah sakit umum daerah (RSUD) dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di setiap kecamatan, kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, sekarang pelayanan kesehatan di Ibu kota Provinsi Sumsel ini sudah cukup baik, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bari dan puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan peralatannya sudah cukup canggih dan memiliki tenaga medis yang bisa diandalkan.

Masyarakat yang membutuhan penangan medis tingkat sedang cukup di puskesmas saja, padahal beberapa tahun lalu masih harus ke rumah sakit umum daerah atau dirujuk ke rumah sakit umum pusat (RSUP) dr.Mohammad Hoesin Palembang, katanya.

Dia menjelaskan, sebelum fasilitas pelayanan kesehatan seperti kondisi sekarang ini, puskesmas hanya dimanfaatkan oleh masyarakat golongan ekonomi kelas bawah atau masyarakat miskin.

Namun kini masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan, terbukti pada setiap jam operasional puskesmas tampak di halaman parkirnya dipadati sepeda motor dan mobil pengunjung.

Dengan peningkatan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di kota ini, diharapkan ke depan pihaknya dapat memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan yang lebih baik dan fasilitas kesehatan yang ada mampu menjangkau masyarakat lebih luas, kata SEkda.