Pemkot Palembang mengajak warga benahi wisata air

id Sekda Palembang, Harobin Mastofa,aliran Sungai Musi,wisata air,objek wisata sungai,kawasan Benteng Kuto Besak,berita sumsel, berita palembang, antara

Api obor Asian Games dibawa keliling sungai musi Palembang menggunakan bus air, Sabtu (4/8/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengajak warga kota terutama yang berada di daerah aliran Sungai Musi untuk terlibat aktif membenahi wisata air yang menjadi salah satu objek wisata yang diminati wisatawan.

Wisatawan nusantara dan mancanergara ketika ke kota ini menjadikan wisata air sebagai salah satu target kunjungannya, dengan pembenahan dan penambahan fasilitas pendukung yang memadai diharapkan bisa menambah daya tarik untuk dikunjungi wisatawan, kata Sekda Palembang, Harobin Mastofa di Palembang, Kamis.
Pemandangan di Sungai Musi, tak jauh dari jembatan Ampera, Palembang Sumsel. (ANTARA/Eric Ireng)

Menurut dia, pembenahan wisata air tidak mungkin bisa dilakukan pemerintah kota ini saja, partisipasi dari masyarakat memiliki peran yang cukup besar terutama dalam menjaga kebersihan sungai dan memperindah daerah aliran sungai.

Selain memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi menjadikan wisata air sebagai daya tarik yang kuat, pihaknya berupaya menata objek wisata air terutama yang ada di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) sebagai titik awal wisatawan melakukan perjalanan wisata air.

Benteng Kuto Besak yang berada di pinggir Sungai Musi yang menjadi titik awal kegiatan wisata air, secara bertahap terus diperindah dengan menambah beberapa bangunan khas seperti tugu ikan belido yang merupakan ikan langka dan khas Palembang.

Dengan adanya tugu ikan belido, sebelum melakukan perjalanan wisata air menikmati pemandangan aktivitas masyarakat di sepanjang daerah ailiran sungai dan kemegahan Jembatan Ampera, wisatawan bisa menikmati keindahan kawasan objek wisata itu dan mengambil foto kenangan dengan latar belakang tugu tersebut.

Jika wisatawan melakukan perjalanan wisata ke Singapura berfoto dengan latar belakang singa laut (merlion), ketika berkunjung ke Kota Palembang bisa berfoto dengan latar belakang ikan belido yang juga sekaligus bisa mendapatkan latar belakang Jembatan Ampera yang selama ini menjadi ikon kota setempat, ujar sekda.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar