Pemkot Palembang tingkatkan penebaran benih ikan

id penebaran benih, benih ikan, sekda palembang, harobin, penebaran benmih ikan di sungai muysi, sungai musi, ikan,berita sumsel, berita palembang, antar

Pemkot Palembang tingkatkan penebaran benih ikan

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda melakukan restoking atau pelepasan benih ikan air tawar di sungai musi. (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin M)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan kegiatan penebaran benih ikan di Sungai Musi dan beberapa tempat lainnya yang telah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir.

"Penebaran benih tersebut digalakkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem perairan umum, membudidayakan ikan serta melestarikan lingkungan," kata Sekretaris Daerah Pemkot Palembang, Harobin Mastofa di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, beberapa waktu lalu kegiatan penebaran benih ikan dilakukan di Sungai Musi dan beberapa danau di sekitar kawasan permukiman penduduk dipimpin langsung Wali Kota Harno Joyo dan Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda.

Untuk meningkatkan kegiatan penebaran benih itu, pihaknya akan mendorong Dinas Perikanan setempat melakukan pendataan daerah mana saja yang perlu menjadi sasaran kegiatan tersebut.

Selain itu, perlu juga dilakukan pemilihan ikan apa saja yang cocok untuk ditebarkan di sungai, danau, dan tempat lainnya sehingga bisa tumbuh serta berkembang biak dengan baik, katanya.

Menurut dia, Pemkot Palembang berupaya memanfaatkan perairan umum secara maksimal yang memiliki keanekaragaman sumber daya ikan yang tinggi.

Perairan umum di kota ini tersedia cukup luas, potensi daerah tersebut akan dimanfaatkan secara maksimal untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan pendapatan asli daerah, serta melestarikan sumberdaya ikan langka.

Potensi tersebut perlu didorong pemanfaatannya secara maksimal karena dapat menimbulkan beberapa dampak negatif jika tidak mendapatkan perhatian serius, ujar Sekda.