Pemkot Palembang maksimalkan penebaran benih ikan

id perairan umum, rahabilitasi perairan umum,lestarikan lingkungan,penebaran ikan di sungai musi,penebaran ikan di perairan,berita sumsel, berita palemba

Pemkot Palembang maksimalkan  penebaran benih ikan

Bupati Kudus Muhammad Tamzil didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto menebarkan benih ikan nila di aliran Sungai Bakinah di Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis (21/3). (FOTO: Akhmad Nazaruddin Lathif)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan kegiatan penebaran benih ikan di Sungai Musi dan beberapa perairan umum lainnya di sekitar kawasan permukiman penduduk.

"Kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem perairan umum, membudidayakan ikan serta melestarikan Sungai Musi dan lingkungan sekitar," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, di Palembang, Senin.

Menurut dia, beberapa waktu lalu pihaknya bersama sejumlah kelompok masyarakat dan pelajar melakukan kegiatan penebaran benih ikan di Sungai Musi dan beberapa danau di sekitar kawasan permukiman penduduk.

Untuk memaksimalkan penebaran benih itu, pihaknya akan mendorong Dinas Perikanan setempat melakukan pendataan daerah mana saja yang perlu menjadi sasaran kegiatan tersebut.

Selain itu, melakukan pemilihan ikan apa saja yang cocok untuk ditebarkan di sungai, danau, dan tempat lainnya sehingga bisa tumbuh serta berkembang biak dengan baik.

"Kami berupaya memanfaatkan perairan umum secara maksimal yang memiliki keanekaragaman sumber daya ikan yang tinggi," ujarnya.

Perairan umum di Bumi Sriwijaya ini tersedia cukup luas, potensi daerah tersebut akan dimanfaatkan secara maksimal untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan pendapatan asli daerah, serta melestarikan sumberdaya ikan langka.

Potensi tersebut perlu didorong pemanfaatannya secara maksimal karena dapat menimbulkan beberapa dampak negatif jika tidak mendapatkan perhatian.

Sungai Musi yang membelah kota ini menjadi dua bagian yakni Seberang Ulu dan Seberang Ilir sekarang ini terus dilakukan penataan dan upaya pelestariannya.

Perhatian terhadap potensi perairan umum daratan tersebut akan terus ditingkatkan, karena jika diabaikan akan berdampak terhadap penurunan potensi luasnya, keanekaragaman jenis ikan, produksi ikan, kesempatan dan peluang kerja, pendapatan asli daerah, dan fungsi estetika, kata wakil wali Kota.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar