LRT Sumsel bukti prestasi anak bangsa

id lrt,kereta api cepat,berita sumsel,berita palembang,berita antata,kereta api ringan,transportasi darat,angkutan umum palembang,tiket lrt,asean games

LRT Sumsel bukti prestasi anak bangsa

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kedua kiri) memberikan keterangan kepada wartawan distasiun LRT Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Saya harap, pembangunan infrastruktur juga menyentuh kabupaten, karena sekarang banyak jalan rusak," kata dia
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Setelah dikerjakan selama kurang lebih 2,5 tahun, kereta api dalam kota Light Rail Transit Sumatera Selatan "LRT Sumsel" yang membentang dari sejauh 24 kilo meter di Kota Palembang dapat terselesaikan.

Ini menjadi bukti prestasi anak bangsa bahwa sejatinya Indonesia mampu memenuhi sendiri kebutuhan infrastruktur modernnya dengan mengandalkan konten lokal hingga 95 persen.

Lebih membanggakan lagi, dana pembangunan sebesar Rp10,9 triliun ini ternyata jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya pembangunan LRT di Malaysia dan Manila. Mengapa bisa lebih murah ?. Ternyata adanya penggunaan sumber daya manusia (SDM) lokal dan produk-produk dalam negeri yang menjadi keunggulannya.?

PT Waskita Karya (BUMN) yang bertanggung jawab di bidang konstruksi melalui Direktur Utamanya I Gusti Ngurah Putra mengatakan untuk pekerjaan konstruksi diketahui menggunakan jasa SDM lokal hingga 100 persen.

Konten impor hanya terjadi pada penyediaan bahan baku strand (kawat untaian) beton, karena ketidakadaan pabrik pembuatnya di dalam negeri. Namun, ini dinilai masih wajar karena total konten lokal bisa mencapai 95 persen.
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang melewati stasiun Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

Bukan hanya konstruksi, di sisi gerbong kereta api, LRT Sumsel yang didukung BUMN PT Inka (Persero) juga bisa menghemat sejumlah dana.

Direktur PT Inka Budi Noviantoro mengatakan hal yang paling mencolok yakni soal desain, karena rancangan gerbong kereta LRT menggunakan SDM dalam negeri. Ini tidak seperti biasanya.

"Ini kan yang desain makannya `pecel`, bayarnya rupiah. Beda jika kita pakai dari Jepang atau dari Eropa mesti bayar Euro," kata Budi di seusai mendampingi Presiden Jokowi menaiki LRT Sumsel, Jumat (14/7).

Menurut dia, bilangan murah lainnya juga terlihat dari harga satu train set (enam gerbong) yang dipatok PT Inka yang hanya Rp48,5 miliar.

"Silahkan bandingkan sendiri dengan negara-negara lain," kata Budi.

Bukan itu saja, LRT Sumsel ini menjadi pertama di dunia dalam penggunaan rel yang tidak standar lantaran untuk menyesuaikan dengan adanya sejumlah tikungan tajam.?

LRT Sumsel yang diproyeksikan untuk infrastruktur penunjang Asian Games XVIII pada Agustus 2018 ini, diharuskan selesai pada Juli 2018 sejak mulai dibangun pada Oktober 2014. Karena dikejar waktu, pemerintah tidak mau direpotkan oleh persoalan pembebasan lahan, sehingga diputuskan jalur kereta api dibangun di median jalan.?

Karena adanya sejumlah tikungan tajam itu maka demi keselamatan maka kecepatan kereta harus dipatok 50-60 kilometer per jam. Jika menggunakan rel yang standar, maka hal itu tidak dapat dilakukan maka dirancangkanlah rel khusus dengan ukuran tidak standar.?

Maknanya, anak bangsa sudah bisa berinovasi sendiri dalam membangun infraktur modern yakni membangun konstruksi kereta api dalam kota.

Terlepas dari kelebihan itu, jika berbicara daya saing sejatinya LRT buatan putera bangsa ini juga masih perlu ditingkatkan kemampuannya karena PT Inka masih mengimpor untuk mesinnya. Mesin didatangkan dari Jerman karena dalam negeri BUMN ini optimistis bakal mampu memproduksi mesin sendiri karena riset-riset di perguruan tinggi sudah menemukan titik terang.

Sembari menunggu, PT Inka fokus pada pembuatan trainset yang sejauh ini sudah diekspor ke dua negara yakni ke Bangladesh berupa 500 gerbong kereta api penumpang, kemudian ke Filipina berupa tiga lokomotif dan enam KRT. Saat ini, Inka juga menerima permintaan dari Thailand, namun masih proses perundingan.

Merespon kemampuan ini, Presiden Joko Widodo optimistis bahwa di masa mendatang, Indonesia bakal menjadi negara pembuat LRT kelas dunia. Bukan tidak mungkin, dalam satu hingga dua tahun ke depan mendapatkan pesanan dari negara lain.

"Saat ini LRT Sumsel, nanti Jakarta, kemudian dalam perencanaan ada di Medan, Surabaya dan Bandung. Ke depan, bukan tidak mungkin kita ekspor," kata Jokow


Kebanggaan Presiden

Meski hanya 15 menit berada di dalam LRT, dimulai dari Stasiun Palembang Icon Mall ke Stasiun Jakabaring, Jokowi merasakan bahwa LRT Sumsel ini jauh lebih baik dari LRT di negara-negara maju yang pernah dicobanya.

"Kita patut berbangga atas capaian anak bangsa ini," kata Presiden.

Pemerintah membangun LRT Sumsel untuk menjadi infrastruktur penunjang penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 pada Agustus mendatang.

Meski awalnya untuk kegiatan jangka pendek,sejatinya LRT ini untuk kebutuhan Kota Palembang dalam masa jangka panjang dalam kaitan untuk mengatasi persoalan kemacetan. Penggunaan transportasi massal ini juga akan diterapkan di kota-kota lain di Indonesia.

Lahirnya LRT ini sama halnya dengan melahirkan peradaban baru. Jika sebelumnya masyarakat terbiasa menggunakan transportasi berupa kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang tidak efisien, tidak pasti, dan tidak ramah lingkungan. Maka dengan adanya LRT, masyarakat akan terbiasa pada dengan budaya baru yakni antri, tepat waktu, disiplin, dan lainnya.

Untuk semakin mempercepat lahirnya budaya positif ini, LRT Sumsel diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya Transmusi, bus air, dan angkutan kota.

Tapi, jangan dipikir akan langsung terjadi perubahan tingkah laku di masyarakat karena di negara maju saja membutuhkan waktu 10-15 tahun.

Tak ayal, untuk tahap awal sejak mulai dioperasikan pada akhir Juli 2018, pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian tiket LRT sehingga tarif hanya Rp5.000 per orang untuk satu kali putaran, dan Rp10.000 per orang untuk perjalanan dari stasiun pertama hingga stasiun terakhir. Tarif ini akan dibicarakan lagi penyesuaiannya pada Desember 2018.

Dengan distimulus seperti itu, diharapkan masyarakat dapat terpacu untuk mau menggunakan transportasi massal.

Saat ini proses uji kereta api sudah sampai pada stasiun pemberhentian terakhir yakni dari Stasiun Bandara SMB II hingga ke Depo Jakabaring. Tujuh trainset juga sudah berada di lokasi stasiun pemberhentian terakhir.

LRT Sumsel yang dibangun di atas tanah (elevated) ini juga telah melalui uji dan sertifikasi sarana demi keamanan dan keselamatan, seperti uji akselarasi, deselerasi, rem, kebisingan, getaran, dan temperatur udara.

Ini penting, karena nantinya LRT Sumsel akan beroperasi selama 18 jam/hari dengan jumlah perjalanan 108 perjalanan KA/hari yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan sistem persiyalan dari PT Len Industri. Di dalam LRT Sumsel akan dilengkapi fasilitas pendingin ruangan, CCTV dan Wifi.


          Bangga
Bukan hanya Presiden yang bersukacita Indonesia telah mampu membangun LRT-nya sendiri tapi warga Sumsel juga bangga memiliki LRT pertama di Indonesia.

Muhammad Rusli (62), warga Kelurahan Lawang Kidul, Palembang, Sabtu, mengatakan dirinya masih tidak percaya kota tempat kelahirannya memiliki LRT.

"Jelas saya bangga sekali, apalagi LRT ini menjadi yang pertama di Indonesia," kata Rusli yang dijumpai di sela-sela acara pemberian sertifikat tanah hak milik oleh Presiden Joko Widodo di Benteng Kuto Besak Palembang, Jumat (14/7).

Ia yang berprofesi sebagai pedagang buah keliling ini, mengatakan dirinya sudah tidak sabar untuk mencoba LRT itu. Namun, mengenai bagaimana caranya, ia mengaku belum memahaminya.

"Rasanya hebat sekali ada LRT, tapi minta tolong ke pemerintah tetap perhatikan kami rakyat kecil. Jangan sampai uang sudah habis bangun LRT, rakyatnya masih kere (miskin)," ujar dia.

Senada, Kepala Dusun III Desa Sigam Kayal Sari, Kabupaten Muara Enim, Sahbihis, mengatakan dirinya juga bangga atas dibangunnya LRT di Palembang, ibu kota provinsi Sumsel.

Ia berharap hadirnya infrastruktur modern itu dapat juga berdampak hingga ke tingkat di kabupaten. Jika perlu, pemerintah juga merencanakan hal serupa, meski infrastrukturnya tidak sehebat LRT.

"Tidak semua daerah di Indonesia ada LRT. Tentunya sebagai warga Sumsel kami sangat bangga. Apalagi sudah dicoba oleh Presiden, artinya benar-benar sudah bisa digunakan. Saya harap, pembangunan infrastruktur juga menyentuh kabupaten, karena sekarang banyak jalan rusak," kata dia.

Sahbihis yang kesehariannya berprofesi sebagai petani karet berharap adanya LRT ini dapat berdampak pada kenaikan harga getah. Menurut dia, saat ini petani karet sangat terpukul oleh jatuhnya harga dari Rp15.000 per kg menjadi Rp7.000 per kg sejak tahun 2013.

Pria berusia 35 tahun ini, berharap LRT ini dapat memancing masuknya investor, sehingga akan ada pabrik ban di Sumsel. Dengan begitu, getah karet tidak semata-mata diekspor sehingga tidak tergantung harga di pasar internasional.

Semoga saja, harapan Muhammad Rusli dan Sahbihis ini bisa menjadi kenyataan, bahwa adanya infrastruktur modern ini menjadi modal pemerintah untuk mensejahterakan rakyat seperti diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945.

Baca juga: Jokowi lega setelah naik LRT Sumsel (video)
Baca juga: Jadwal operasional LRT dan Transmusi disamakan