Tarian Kerinci meriahkan pesta budaya nusantara

id tarian kerinci,tari dari jabi,budaya jambi,tari kerinci,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,Tari Segeman Bingo Padi,Tari Bujang Butandang,Pes

Tarian Kerinci meriahkan pesta budaya nusantara

Dokumentasi- Tari Ayun Luci Kerinci . (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/16)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Tarian tradisional Kerinci, Jambi, Tari Segeman Bingo Padi dan Tari Bujang Butandang, tampil dalam acara Pesta Budaya Nusantara yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Mall Bintaro Jaya dari 24-25 Maret 2018.

"Tarian diwakili tim Sanggar Puti Bingo Sakanti di bawah pimpinan Dasmiayati dan binaan Didin Sirojudin dari Dinas Taman Kota Provinsi Jambi," kata akademisi asal Kerinci Jambi, Hasan Basri di Jakarta, Minggu.

Ia menambahkan Indonesia begitu jaya dengan budaya adat istiadat dengan berbagai macam tradisi tari yang sangat bernilai seni dan finansial.

Yang tentunya perlu dijaga dan lestarikan dan harus segera dilindungi dengan legalitas hukum, katanya yang juga pengajar Fakultas Hukum Universitas Bung Karno.

Termasuk hak paten guna menjaga pihak asing mengklaim bahwa tarian tradisional miliknya, bahkan Hasan Basri memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan bangga atas penampilan tersebut.

"Tari Segeman Bingo Padi dan Tari Bujang Batandang mewakili Provinsi Jambi," katanya.
(T.R021/B. Situmorang)