Museum SMB II ditata ulang hadapi Asian Games 2018

id museum, musem smb ii, wisatawan, pengunjung museum,museum smb ii ditata ulang, asian games 2018

Museum SMB II ditata ulang hadapi Asian Games 2018

Arsip - Dokumen naskah kuno di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (ANTARA)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang akan ditata ulang terutama ruang pameran agar lebih menarik bagi para  pengunjung terutama wisatawan yang diprakirakan akan meningkat menjelang dan hingga hari H  penyelenggaraan Asian Games XVIII di Palembang pada Agustus 2018.

"Kami akan menata ulang ruang pameran Museum Sultan Mahmud Badaruddin II agar lebih menarik bagi para pengunjung terutama para wisatawan asing yang diprakirakan akan banyak hadir pada penyelengaraan Asian Games 2018 di Palembang," kata Kepala Seksi Permuseuman dan Bangunan Bersejarah Dinas Kebudayaan Kota Palembang Nyimas Ulfah Aryeni di Palembang, Kamis.

Menurut dia, penataan ulang itu penting karena sudah beberapa tahun ruang pameran tersebut tidak diubah sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan kebosanan pengunjung.

Oleh karena itu, kata dia, dalam waktu dekat akan ditata ulang untuk ruang pamerannya sehingga bisa menarik pengunjung.

Ia mengharapkan dengan keadaan ruang pamer yang lebih memadai kondisinya, hal itu dapat meningkatkan pengunjung museum itu.

Ia menyatakan pada awal 2018 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II mengalami peningkatan, tetapi jumlahnya tidak signifikan.

"Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan terus jumlah pengunjung yang datang berkunjung ke Museum SMB II ini salah satunya dengan menata ulang ruang pamernya," tuturnya.

Museum SMB II yang terletak di kawasan wisata Plaza Benteng Kuto Besak Palembang, di bantaran Sungai Musi itu, di dalamnya terdapat beberapa koleksi benda-benda bersejarah.

Benda-benda bersejarah yang terdapat di dalam Museum SMB II sekitar 669 buah.

Aneka koleksi tersebut meliputi arkeologika, biologi, etnografika, seni rupa, keramologika, dan numismatika.