Tim kesenian Muratara tampilkan budaya SAD

id kesenian, sad, suku anak dalam, festival gending sriwijaya, pjs bupati muratara, musirawas utara, agus yudiantoro, budaya

Tim kesenian Muratara tampilkan budaya SAD

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

....Penampilan budaya Suku Anak Dalam (SAD) itu merupakan salah satu ciri khas kebudayaan dan kesenian di Kabupaten Musirawas Utara....
Musirawas Utara, (ANTARA Sumsel)- Tim kesenian Kabupaten Musirawas Utara Sumatera Selatan akan menampilkan budaya Suku Anak Dalam pada Festival Gending Sriwijaya di Palembang, pekan depan.

Penampilan budaya Suku Anak Dalam (SAD) itu merupakan salah satu ciri khas kebudayaan dan kesenian di Kabupaten Musirawas Utara, kata Pejabat Sementara( Pjs) Bupati Musirawas Utara Agus Yudiantoro, Kamis.

"Saya menyempatkan diri menghadiri latihan terakhir Tim Kesenian Musirawas Utara yang akan mengikuti Festival Gending Sriwijaya di Sanggar Seni Serunting Palembang dalam waktu dekat," katanya.

Kehadiran itu, kata dia, merupakan bentuk kepedulian dan dukungan penuh Pemkab Musirawas Utara bahkan menjadi motivasi pada tim kesenian untuk bersaing pada festival nanti.

Ia menilai, ketika melihat penampilan para penari yang luar biasa, maka optimis bisa menjadi juara pada Festival Gending Sriwijaya 2015.

Tim kesenian Kabupaten Musirawas Utara yang berpartisipasi itu diharapkan dapat menjadi duta kesenian dan pariwisata daerah di masa mendatang, ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Musirawas Utara Ralin Jufri mengatakan kegiatan itu merupakan ajang untuk memperkenalkan ke budayaan asli Musirawas Utara dan berharap menjadi juara meskipun baru pertama kali mengikuti acara tersebut.

Ia mengatakan, meskipun dengan dana minim berkat usaha pendekatan yang baik, perusahaan-perusahaan yang ada di daerah itu ikut membantu tim kesenian untuk tampil pada ajang gelar budaya se Sumatera Selatan tersebut.

Kabupaten Musirawas Utara akan memberangkatkan 60 peserta terdiri atas pemusik, penari dan official dengan menggunakan sarana bus bantuan dari perusahaan perkebunan daerah itu, jelasnya.