Mensos: Bhakti sosial Tagana tingkatkan semangat juang

id Mensos, salim assegaf, tagana, bakti sosial tagana Asean di Palembang

Mensos: Bhakti sosial Tagana tingkatkan semangat juang

Menteri Sosial Salim Segaff Al Jufri (tengah) didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (dua kiri) menyerahkan bantuan sosial untuk lanjut usia usai apel siaga Tagana di lapangan Shooting Range Jakabaring Sport City Palembang, Kamis (10/10).

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Sosial Salim Assegaf Al Jufri mengatakan, bhakti sosial relawan di Sumatera Selatan untuk meningkatkan semangat juang taruna siaga bencana atau Tagana.

Kegiatan bhakti sosial taruna siaga bencana (Tagana) ASEAN yang dipusatkan di Sumatera Selatan tahun 2013 ini dapat menjalin keakraban sesama relawan, kata Mensos saat penutupan bhakti sosial Tagana ASEAN di Palembang, Kamis.

Dengan adanya bhakti sosial tersebut maka dapat saling tukar ilmu pengetahuan di bidang penanggulangan bencana. Keberadaan relawan Tagana selama ini sudah berperan aktif dalam menanggulangi bencana di berbagai provinsi di Indonesia, katanya.

Bahkan, keberadaan Tagana terdepan dalam penanggulangan bencana sehingga kehadirannya sangat diharapkan.

Ia mengatakan, dalam penanggulangan bencana bahkan anggota Tagana ada yang gugur ikut menjadi korban.
Pelaksanaan penanggulangan bencana pihaknya akan berbasis kepada masyarakat terutama penduduk di sekitar bencana alam, katanya.

Sementara itu, Gubenur Sumatera Selatan  Alex Noerdin mengatakan, Tagana telah banyak berperan dalam menanggulangi bencana, bahkan sebagai garda terdepan penanggulangan bencana, sehingga keberadaan para relawan ini harus mendapat perhatian lebih banyak.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Andi ZA Dulung mengatakan, kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan Tagana antara lain bedah kampung sebanyak 93 unit rumah warga kurang layak huni, kunjungan ke sekolah di Palembang.

Bhakti sosial Tagana itu diikuti 1.200 anggota relawan se Indonesia ditambah peserta ASEAN yakni Jepang, China serta Korea Selatan.    

Bersamaan penutupan kegiatan Tagana tersebut Mensos memberikan bantuan kepada masyarakat Sumsel seperti bantuan bencana, program keluarga harapan yang totalnya Rp20 miliar.