Pulau Salah Nama di promosikan ke luar negeri

id pulau salah nama, pulau pandan

Pulau Salah Nama di promosikan ke luar negeri

Pulau Salah Nama (Foto Istimewa)

.....tidak kalah cantiknya dengan Pulau Bali, dan berbagai objek wisata pantai lainnya di Indonesia......
Batubara, Sumut (ANTARA Sumsel) -  Pemerintah Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, mempromosikan Pulau Salah Nama dan Pulau Pandang ke berbagai daerah di tanah air dan juga ke luar negeri.

"Pulau yang tidak berapa jauh dari Batubara itu, tidak hanya diperkenalkan secara lusa di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Pulau Jawa, tetapi juga ke negara tetangga Malaysia dan Thailand,"  kata salah seorang warga Ruslan (48) di Kecamatan Talawi, Minggu.

Pulau Salah Nama dan Pulau Pandang yang berada di pisisir Pantai Timur Sumatera itu, menurut dia, tidak kalah cantiknya dengan Pulau Bali, dan berbagai objek wisata pantai lainnya di Indonesia.

Apalagi, katanya, lokasi objek wisata di Pulau Salah Nama dan Pulau Pandang masih kelihatan perawan, bersih dan indah dan belum lagi tercemar dari tumpahan minyak yang ada di perairan tersebut.

"Objek wisata yang terdapat di Kabupaten Batubara yang baru dimekarkan itu, juga memiliki panorama alam bawah laut yang sangat menawan, pasirnya yang putih, dan terdapat berbagai jenis ikan hias dibawah batu karang,"  ucap Ruslan.

Dia mengatakan, kedua objek wisata itu berada di tengah laut dan hanya ditempuh 2 hinga 3 jam perjalanan dari Pantai Batubara dengan menggunakan kapal ukurann besaar.

"Setiap hari libur Sabtu dan Minggu, ratusan pengunjung  dari berbagai daerah pergi berkunjung ke tempat objek wisata yang baru dikelola Pemkab Batubara.Ini merupakan sumber devisa baru pemasukan ke kas Pemkab Batubara," ujarnya.

Lebih lanjut Ruslan mengatakan, Pulau Salah Nama dan Pulau Pandang terletak di Selat Malaka yang memiliki panorama alam yang masih alamiah, dan belum lagi terjamah dan masih jarang dikunjungi wisatawan mancanegara.

Pulau Pandang tersebut terletak di sebelah utara Tanjung Tiram.Pulau ini juga memiliki lokasi yang sangat strategis yang dikelilingi air laut yang hijau dan pasir putih, serta pohon kelapa yang menghijau.

Sedangkan, Pulau Salah Nama ini terletak tak berapa jauh dari Pulau Pandang, dan terdapat banyak batu karang  dan berbagai  jenis ikan.Tempat ini juga sering dijadikan wisatawan untuk memancing.

"Pulau Salah Nama dan Pulau Pandang yang sangat menarik itu, diharapkan dapat lebih memperkenalkan lagi secara luas Kabupaten Batubara di tanah air dan negara-negara lainnya di Asia Tenggara karena memiliki potensi pariwisata yang sangat indah," kata Ruslan.

Data yang diperoleh, Kabupaten Batubara juga memiliki objek wisata Pantai Perjuangan yang biasa disebut dengan "Pantai Jono" memiliki keindahan dan panorama yang sangat menarik.

Di Pantai Perjuangan itu terbentang pasir putih yang bersih sepanjang lebih kurang 800 meter, berada di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara.

Pada tahun 2009, di pantai tersebut diselenggarakan kegiatan  Festival Internasional Pemuda Olahraga Bahari yang mempertandingkan beberapa cabang olahraga bahari berskala internasional.

Selain itu, juga ada Pantai Bunga memiliki suasana pantai laut lepas sangat indah yang hanya berjarak lebih kurang 4 Kilometer dari Tanjung Tiram dan Pantai Sejarah terletak di Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh.

Di Pantai tersebut juga terdapat terowongan tentera Jepang sepanjang lebih kurang 500 Meter.objek wisata yang memiliki nilai sejarah itu hanya berjarak lebih kurang 25 Kilometer dari Kota Indarapura Kabupaten
Batu Bara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan.

Kabupaten Batubara terdiri dari tujuh kecamatan, 98 desa, tujuh kelurahan.Dengan luas cakupan wilayah 92.220 hektare.