Bukit kejora ketinggiannya akan dipotong

id bukit, gunung, bukit dan gunung

Bukit kejora ketinggiannya akan dipotong

Ilustrasi - Kawasan bukit (FOTO ANTARA)

....Sebenarnya tidak ada penawaran pemotongan bukit itu, karena menyangkut keselamatan dan kenyamanan penerbangan....
Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - Bukit Kejora di Provinsi Bangka Belitung direncanakan akan dipotong untuk keamanan dan kenyamanan penggunaan jalur penerbangan pesawat terbang.

"Kawasan Bukit Kejora itu tepat berada di depan jalur pacu landas pesawat sehingga sangat berbahaya bagi penerbangan di Bandar Udara Depati Amir, Kabupaten Bangka Tengah," ujar Kepala Dinas Perhubungan Babel, M. Ilyas di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, sampai saat ini belum ditentukan pelaksanaannya,  akan tetapi pemerintah sudah memastikan akan memotong bukit tersebut karena menyangkut keamanan dan kenyaman penerbangan di daerah itu.

Secara umum pemerintah belum memastikan rincian pemotongan Bukit Kejora, karena harus berkoordinasi dengan maskapai penerbangan dan pemilik bukit itu.

"Sebenarnya tidak ada penawaran pemotongan bukit itu, karena menyangkut keselamatan dan kenyamanan penerbangan," ujarnya.

Ia mengatakan, semua biaya pemotongan bukit tersebut akan ditanggung pemerintah.

Secara umum, lebih lanjut dia, ketinggian bangunan dan gedung di sekitar bandar udara di Indonsia dibatasi karena menyangkut kemanan penerbangan pesawat.

Akan tetapi, kata dia, tidak ada larangan untuk membangun, asalkan ketinggian gedungnya sesuai atuaran dan tidak mengganggu penerbangan di daerah itu.

Sementara itu, untuk kenyamanan penerbangan di Babel diharapakan setiap maskapai penerbangan selalu waspada ketika akan lepas landas dari Bandar Udara Depati Amir terutama ketika musim hujan, karena jarak pandang pilot akan berkurang.(Ant)