Arkeolog temukan artefak berumur 1,4 juta tahun di Spanyol

id situs, arkeolog spanyol

Arkeolog temukan artefak berumur 1,4 juta tahun di Spanyol

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Madrid (ANTARA/AFP) - Arkeolog mengatakan pada Rabu mereka menemukan sebuah mata pisau batu berumur 1,4 juta tahun di gua Atapuerca di Spanyol, tanda-tanda paling awal kehidupan manusia di situs tersebut.

Mata pisau berukuran 3cm itu ditemukan di gua Elephant Chasm, tempat peneliti pada 2007 menemukan jari dan tulang dagu manusia berumur 1,2 juta tahun -- dianggap sebagai sisa dari “warga Eropa tertua” yang pernah ditemukan.

Penemuan tahun ini, dianggap sebagai “memiliki nilai yang besar”, ditemukan di sebuah pisau ukir, ujar salah satu direktur penggalian Eduald Carbonell, saat melakukan presentasi penemuan itu.

Situs tersebut, di dekat kota Burgos utara, sudah digali sejak 1978. Pada 2000 tempat itu dijadikan sebagai bagian warisan dunia oleh UNESCO.

Bagian tertua situs itu berumur 1,5 juta tahun. Alat-alat dari batu yang ditemukan di situs itu mengonfirmasi adanya pemukiman manusia di Eropa, kata peneliti tersebut.

Penemuan itu berlawanan dengan teori dari beberapa peneliti yang meyakini bahwa populasi Eropa bertambah sedikit demi sedikit, disebabkan punahnya kelompok awal karena tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru, kata para peneliti dalam sebuah pernyataan.

Peneliti juga menemukan fosil seekor beruang besar yang merupakan nenek moyang beruang cokelat yang hidup saat ini.(ms/pt)