Aktivis pers mahasiswa buka bersama alumni

id pers mahasiswa, mahasiswa, nuka bersama

...Acara buka bersama itu bertujuan menumbuhkan silaturahmi dan memperkuat kebersamaan di antara para pengurus unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Unila...
Bandarlampung (ANTARA Sumsel) - Aktivis/pegiat pers mahasiswa dari Universitas Lampung, yakni Penerbitan Mahasiswa Teknokra, mengadakan buka puasa bersama para alumni di lantai dasar gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Kampus Gedongmeneng Bandarlampung, Jumat malam.
        
"Acaranya juga dihadiri pengurus unit kegiatan mahasiswa di Unila maupun aktivis Aliansi Pers Mahasiswa (APM) se-Lampung," kata Ketua Panitia Khorik Istiana mendampingi Pemimpin Umum Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa Teknokra (UKPM) Teknokra Unila, Rudiyansyah.
        
Selain itu, hadir pula Tim Kerja Pembantu Rektor III Unila, Mahdi, perwakilan pengurus UKM di Lampung, pengurus APM Lampung dan sejumlah alumni Teknokra Unila dari berbagai angkatan.
        
Ia menjelaskan acara buka bersama itu bertujuan menumbuhkan silaturahmi dan memperkuat kebersamaan di antara para pengurus unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Unila, para anggota dan pengurus Teknokra, para aktivis pers mahasiswa se-Lampung maupun dengan para alumni Teknokra.
        
"Acara diawali dengan Tausiah Ramadhan dari Ustadz Iwan Anshori yang antara lain mengingatkan umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa setiap Ramadhan secara utuh dan bila berhalangan harus menggantinya yang tujuannya tidak lain untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT," katanya.
       
Menurut Ustadz Iwan yang juga pengajar di Pesantren Darul Fatah Bandarlampung itu, ibadah puasa Ramadhan bersifat khusus yang akan menunjukkan derajat keimanan dan ketakwaan setiap pribadi Muslim di mata Allah SWT.
        
"Itu berbeda dengan ibadah wajib maupun sunnah lainnya, karena ibadah puasa merupakan ibadah wajib yang berlaku khusus untuk masing-masing individu yang hanya diketahui oleh yang bersangkutan dan Allah SWT," katanya.
        
Setelah buka puasa bersama dan shalat berjamaah usai, Pemimpin Umum UKPM Teknokra Rudiyansyah memandu dialog dan "sharing" antara para alumni Teknokra dengan pengurus dan personel baru pengelola pers mahasiswa di Unila ini.
        
Menurut Rudiyansyah, dialog bertujuan untuk saling berbagi pengalaman dan ilmu di antara para mantan pengurus dan pengelola Teknokra sebelumnya dengan para anggota dan pengurus saat ini, agar dapat memotivasi diri menjadi lebih aktif dan intens dalam memajukan pers mahasiswa Unila saat ini.
        
"Saat ini penerimaan anggota baru Teknokra rata-rata berlangsung 2-3 kali dalam setahun dan setiap personel dari semua fakultas di lingkungan Unila yang diterima bergabung diharuskan menjalani masa magang, sebelum pada akhirnya menjadi anggota dan pengurus UKPM Teknokra," katanya.
        
Hingga kini Teknokra Unila telah menghasilkan ratusan alumni, lulusan dari berbagai fakultas di Unila yang bekerja tersebar di sejumlah daerah di Indonesia maupun luar negeri, dengan profesi selain sebagai pekerja pers (jurnalis) pada sejumlah media massa lokal dan nasional.
        
Namun, banyak juga yang menjadi dosen/guru/pendidik, pebisnis, peneliti, PNS, politisi, dan pegiat LSM.
        
UKPM Teknokra yang merupakan salah satu pers mahasiswa tertua dan tetap eksis di perguruan tinggi di Indonesia itu rutin menerbitkan majalah tri mingguan Teknokra dan mengelola media "online" www.teknokra.com serta menerbitkan majalah edisi khusus lainnya.