Daging sapi di pasar tradisional layak konsumsi

id daging, daging sapi

Daging sapi di pasar tradisional layak konsumsi

Penjual daging (Foto Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Palembang sampai kini tidak menemukan daging gelonggongan dan ayam mati kemarin di pasar tradisional yang tersebar di daerah, sehingga semua layak dikonsumsi.

"Kami memastikan tidak ada daging atau ayam tak layak konsumsi beredar di pasar tradisional," kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan Kehutanan (DP2K) Palembang, Sudirman Tegoeh, Sabtu.

Menurut dia, petugas secara rutin setiap hari memantau peredaran daging dan ayam di 33 pasar tradisional di Kota Palembang.

Dengan demikian sampai kini dipastikan tidak ditemukan daging gelonggongan atau ayam mati kemarin dijual pedagang.

Ia mengatakan, meskipun tidak ditemukan daging atau ayam tak layak konsumsi, masyarakat diimbau untuk teliti dalam membeli sumber protein hewani itu.

Hati-hati dalam memilih dan pastikan daging atau ayam dibeli kualitasnya bagus.

Dia menjelaskan, selama ini pendistribusian daging sapi ke pasar-pasar tradisional dikendalikan langsung pengelola rumah potong hewan.

Sedangkan ayam hanya tiga rumah potong ayam sisanya memotong di pasar-pasar tradisional.

Sudirman menambahkan, kalau masyarakat menemukan penjual menawarkan daging dan ayam yang dicurigai tidak layak hendaknya segera laporkan ke dinas.

Hal itu, sebagai upaya mengantisipasi maraknya penjualan yang tidak termasuk dalam pengendalian rumah potong hewan, katanya.