Negara anggota dukung UE blokir penjualan mobil Mercedez bermasalah

id Mercedes, mobil mercedes bermasalah

Brussel, Brussel Capital Region (ANTARA/AFP) - Para ahli otomotif nasional yang bertemu di Brussel pada Rabu memberikan rekomendasi kepada UE untuk memblokir penjualan mobil-mobil Mercedes yang melanggar aturan pasar tunggal.

Kesimpulan yang diambil oleh para pejabat dari 28 negara anggota Uni Eropa menghantam keras konstruktor Daimler Jerman, setelah Komisi Eropa mendukung Prancis dalam sebuah perseteruan mengenai standar pembatasan mesin pendingin AC dengan jenis yang dianggap lebih ramah lingkungan.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Komisi mengatakan bahwa para pakar dari negara-negara anggota “mengakui bahwa... langkah koreksi harus diambil agar kendaraan sesuai dengan standar serta menarik kendaraan yang tidak sesuai yang telah dijual di pasaran, seperti yang telah dilakukan oleh satu negara anggota.”

Para pejabat menekankan kebutuhan untuk “menghargai penuh” kerangka kerja hukum UE.

Daimler saat ini akan berusaha untuk memperoleh akses pasar untuk model kelas A, B dan CLA yang dibuat sejak perubahan pendingin yang disetujui industri.

Daimler tetap menggunakan pendingin yang lebih tua, mengklaim penelitian menunjukkan bahwa gas baru lebih mudah terbakar dan membuat mobil berisiko lebih besar meledak ketika terjadi kecelakaan.

Jerman memiliki waktu hingga 20 Agustus untuk menjawab pertanyaan tentang keselamatan dan aspek lain dari Komisi Eropa dan menghindari tindakan hukum potensial, setelah memenangkan penangguhan hukuman nasional sementara dari otoritas Jerman.(dh/ik)