Kemenkumham Sumsel gelar RAT Koperasi Paramakarya Pengayoman

id Kemenkumham Sumsel,kemenkumham, gelar RAT koperasi, koperasi, paramakarya pengayoman

Kemenkumham Sumsel gelar RAT Koperasi Paramakarya Pengayoman

Kemenkumham Sumsel gelar RAT Koperasi Paramakarya Pengayoman  (ANTARA/HO/Kemenkumham Sumsel/24)

Palembang (ANTARA) - Koperasi Paramakarya Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun pembukuan 2023, di Aula Musi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Selasa (11/6)

Rapat dibuka secara langsung oleh Kepala Divisi Administrasi Rahmi Widhiyanti. 

Mengawali  sambutannya, Rahmi terlebih dahulu menyampaikan apresiasinya kepada seluruh anggota Koperasi Paramakarya Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sumsel yang sudah memiliki kesadaran untuk berkoperasi dengan baik.

“Rapat anggota tahunan ini merupakan forum tertinggi pengambilan keputusan dalam sebuah koperasi. Untuk itu RAT merupakan sebuah syarat mutlak yang harus dilaksanakan oleh setiap organisasi koperasi sebagaimana diatur dalam UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian,” jelasnya.

Lebih lanjut Kadivmin mengungkapkan bahwa koperasi ini harus terus aktif dan senantiasa berinovasi agar terus meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Koperasi merupakan wadah saling membantu antar anggota koperasi, karena jika sewaktu-waktu  membutuhkan biaya tidak terduga dapat meminjam di koperasi ini yang notabene dananya berasal dari urunan anggotanya. 

Untuk itu setiap prosesnya harus mudah dan cepat, dengan tetap memperhatikan aspek akuntabilitas dan transparansinya.

'Melalui forum ini marilah kita bersama-sama bahu membahu membesarkan koperasi yang kita cintai ini agar nilai asetnya juga semakin besar," ujarnya.

Kepada para pengurus untuk terus memberikan pelayanan yang prima kepada anggotanya, didukung dengan permodalan yang kuat juga, kata Kadivmin.

Kegiatan dilanjutkan dengan penguatan teknis koperasi oleh perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kota Palembang serta penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus Koperasi Paramakarya Pengayoman Tahun Buku 2023 oleh Ketua Koperasi Arif Budi Santoso.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengapresiasi kinerja Koperasi Paramakarya Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sumsel Tahun 2023. 

Ke depannya diharapkan sinergi antara pengurus, dewan pengurus, dan anggota dalam mengurus keuangan koperasi dapat terlaksana dengan optimal, sehingga dihasilkan laporan pertanggungjawaban yang akuntabel dan transparan, ujar Kakanwil Ilham.