Polres OKU Selatan gelar patroli dialogis jelang pilkada 2024

id Patroli dialogis, keamananmasyarakat, tahun politik, Polres OKU Selatan

Polres OKU Selatan gelar patroli dialogis jelang pilkada 2024

Anggota Polres OKU Selatan saat melakukan patroli dialogis guna menjaga kamtibmas, di Muaradua, Selasa (11/6/2024). ANTARA/HO-Humas Polres OKU Selatan/24.

Muaradua (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, melakukan patroli dialogis untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pilkada 2024.

Kapolres OKU Selatan AKBP Listioyono Dwi Nugroho di Muaradua, Selasa mengatakan kegiatan patroli dialogis ditingkatkan di seluruh kecamatan wilayah setempat.

"Salah satunya di wilayah hukum Polsek Buay Sandang Aji yang menyasar pada sejumlah objek vital dan tempat keramaian," katanya.

Dia menjelaskan patroli dialogis dilakukan dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban menjelang pilkada serentak 2024.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban menjelang pilkada serentak tahun ini," ujarnya.

Dia mengatakan kegiatan patroli itu difokuskan pada penguatan sinergi antara TNI dan Polri serta masyarakat dalam menjaga keamanan di tingkat lokal.

Menurut dia, langkah-langkah preventif dan proaktif diimplementasikan untuk mencegah potensi kerawanan dan memberikan rasa aman kepada warga dari konflik yang rentan terjadi memasuki tahun politik.

"Salah satu capaian yang diharapkan adalah peningkatan kualitas interaksi positif antara aparat keamanan dan masyarakat," ujar dia.

Menurut dia, melalui pendekatan dialogis diharapkan terjalin komunikasi yang baik antara TNI, Polri, dan masyarakat dalam membangun kepercayaan kepada penegak hukum dalam memberikan keamanan di wilayah itu.

"Keamanan yang terjaga di tingkat lokal merupakan pondasi utama bagi proses demokrasi yang berjalan lancar dan adil," kata dia.