BPJS Kesehatan Palembang skrining riwayat kesehatan petugas pemilu

id Skrining, skrining petugas pemilu, pemilu 2024, bpjs, bpjs kesehatan, pemeriksaan, penilaian kesehatan, mendeteksi risik

BPJS Kesehatan Palembang skrining  riwayat kesehatan petugas pemilu

Ketua KPU Kota Palembang Syawaludin (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Palembang, Sumatera Selatan pada Februari 2024 ini melakukan pemeriksaan (skrining) riwayat kesehatan petugas pemilu.

"Skrining atau pemeriksaan/penilaian kesehatan untuk mendeteksi risiko penyakit tertentu penting dilakukan agar para petugas pemilu dapat mengelola risiko kesehatannya," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Sari Quratulainy di Palembang, Senin.

Selain itu, menurut Sari, dilakukan pula optimalisasi kepesertaan aktif program jaminan kesehatan nasional (JKN) bagi petugas Pemilu 2024.

"Semua petugas yang terlibat dalam pemilu seperti Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas lainnya perlu dipastikan status kepesertaan JKN-nya aktif agar tidak ada kendala saat para petugas membutuhkan pelayanan kesehatan yang komprehensif," ujarnya.

Dia menjelaskan, teknis pelaksanaan 'skrining' riwayat kesehatan dilakukan dengan mengarahkan petugas penyelenggara pemilihan umum untuk menjawab pertanyaan pada tautan yang sudah disediakan oleh BPJS Kesehatan.