Restorasi terumbu karang untuk investasi masa depan

id Restorasi terumbu karang, kelestarian laut, ilegal fishing

Restorasi terumbu karang untuk investasi masa depan

Belasan relawan dari Bontosua Community Restorasi Team yang berprofesi sebagai nelayan menyusun "star reef" atau rangka berbentuk bintang dalam proses restorasi terumbu karang di sekitar Pulau Bontosua, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO-Sheba Hope Reef

Jakarta (ANTARA) -
Beribu manfaat terumbu karang bagi kehidupan makhluk di Bumi seharusnya menjadi pemicu untuk terus dikampanyekan perlindungannya, bukan sebaliknya makin gencar eksploitasinya.
Masih sedikit manfaat yang baru terungkap karena itu masih banyak peluang untuk mengeksplorasi berbagai manfaat setiap jenis terumbu karang dan tumbuhan lain yang juga berkembang biak di sekitarnya.

Inilah kesempatan periset Indonesia untuk menggali berbagai manfaat setiap jenis karang  dan biota lain demi keberlangsungan hidup manusia. Masih banyak komponen karang dan biota lain yang perlu diteliti untuk kepentingan kesehatan dan temuan nutrisi berharga lainnya.

Jika ikan-ikan dan biota laut saja berlomba untuk hidup di sekitar ekosistem terumbu karang, artinya mereka paham bahwa ekosistem itu menjadi sumber nutrisi yang baik untuk menopang kehidupan keturunannya.
Ekosistem terumbu karang yang merupakan organisme kompleks yang dibangun terutama oleh biota penghasil kapur (terutama karang) merupakan magnet bagi biota laut untuk berkembang biak

Terumbu karang yang merupakan ekosistem laut paling produktif ini bersimbiosis saling menguntungkan dengan zooxanthellae yaitu alga bersel satu yang hidup di dalam jaringan tubuh terumbu karang.
 
Alga itu menerima nutrisi-nutrisi penting dari karang tetapi dia memberikan sebanyak 95 persen hasil fotosintesisnya berupa energi dan nutrisi kepada karang.