PMI Palembang imbau masyarakat jadi pendonor darah sukarela

id PMI Palembang, donor darah, tranafusi darah, imbau masyarakat jadi pendonor darah, pendonor, pendonor sukarela, unit tra

PMI Palembang imbau masyarakat jadi pendonor darah sukarela

Pelayanan donor darah massal oleh tim PMI Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Palembang mengimbau masyarakat di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu menjadi pendonor darah sukarela untuk memenuhi kebutuhan darah pasien rumah sakit di kota setempat.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk donor darah karena kebutuhan darah di kota ini cukup tinggi mencapai 7.000 kantong per bulan," kata Ketua PMI Cabang Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, selain dapat membantu pemenuhan kebutuhan darah pasien rumah sakit, menjadi pendonor dapat memperoleh beberapa manfaat bagi kesehatan.

Manfaat kesehatan bagi pendonor darah seperti mengurangi risiko terkena penyakit jantung, membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan.

“Melihat banyaknya manfaat bagi masyarakat yang donor darah, diharapkan kegiatan donor darah dilakukan secara rutin setiap dua bulan sekali,” ujar Fitrianti.

Menurut dia, selain mengimbau masyarakat menjadi pendonor darah sukarela, untuk memenuhi kebutuhan darah, pihaknya mengadakan pelayanan donor darah massal bekerja sama dengan badan usaha milik daerah, BUMN, instansi pemerintah, swasta, dan berbagai organisasi atau komunitas.

Dalam kegiatan donor darah massal bersama instansi pemerintah, swasta, dan organisasi/komunitas itu, pihaknya bisa menambah stok darah hingga 100 kantong setiap kali kegiatan.

Melalui berbagai upaya meningkatkan stok darah di PMI, kebutuhan darah pasien rumah sakit di Bumi Sriwijaya ini dapat dipenuhi dengan baik, kata Fitrianti yang juga Wakil Wali Kota Palembang itu.*