Tenaga kesehatan gelar aksi damai tolak pembahasan RUU Kesehatan

id Nakes,RUU kesehatan,tenaga kesehatan,Ikatan Dokter Indonesia,berita sumsel, berita palembang

Tenaga kesehatan gelar aksi damai tolak pembahasan RUU Kesehatan

Iluetrasi - Tenaga kesehatan (Nakes) dari berbagai daerah di Indonesia menggelar aksi damai untuk menolak Rancangan Undang Undang (RUU) Kesehatan, di Bandarlampung, Senin, (8/5/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Palu (ANTARA) - Ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Kota Palu, Sulawesi Tengah, menggelar aksi damai menolak pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan Omnibus Law dan bersama Pemerintah Kota Palu melakukan konferensi Pers di Ruang Pers, Kantor Wali Kota Palu, Senin.
 
Ketua Dewan Pengarah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tengah, Amirudin Rauf di Palu, Senin, mengatakan aksi damai dilakukan merupakan bentuk dari keprihatinan tenaga kesehatan atas pembahasan RUU Kesehatan yang dinilai terlalu terburu-buru.
 
"Dalam rancangan RUU kesehatan itu, semua Organisasi Profesi (OP) akan dihapuskan. Padahal OP memiliki fungsi sebagai protect of the people, bertugas untuk melindungi masyarakat. Semua dokter yang akan berpraktek yang diyakini memiliki kompetensi dari segi ilmu pengetahuan, dijamin oleh organisasi profesi," katanya saat memimpin konferensi pers di Kantor Wali Kota Palu.
 
Ia mengatakan dalam penyusunan RUU Kesehatan, pemerintah tidak memberikan ruang untuk menampung masukan serta saran dari masyarakat sipil serta organisasi profesi kesehatan.
 
 Menurut dia, RUU Kesehatan berpotensi melemahkan perlindungan dan kepastian hukum tenaga kesehatan jika RUU ini disahkan.