Mendagri kritisi penyalahgunaan insentif dokter tutup utang pemda

id Insentif dokter, penyalahgunaan dana nakes, transformasi kesehatan, nakes teladan, Kemenkes,berita sumsel, berita palembang

Mendagri kritisi penyalahgunaan insentif dokter tutup utang pemda

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyerahkan piagam penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan di Jakarta, Selasa (15/8/2023). (ANTARA/Andi Firdaus).

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian mengkritisi oknum pejabat pemerintah daerah yang menyalahgunakan dana insentif dokter spesialis di wilayah setempat untuk menutup utang akibat defisit anggaran daerah.

"Ada dana-dana untuk tenaga dokter spesialis yang tidak sampai. Sampai ada (dokter spesialis) mengundurkan diri, ada yang meninggalkan tempat," kata Tito Karnavian saat menyampaikan sambutan di acara Penganugerahan Tenaga Kesehatan Teladan 2023 di Jakarta, Selasa.

Kejadian itu salah satunya dialami dokter spesialis di RSUD dr M Haulussy, Maluku, kata Tito menambahkan.

Berdasarkan laporan dari tim investigasi Kementerian Dalam Negeri, kata Tito, modus yang melatarbelakangi tunggakan tersebut dikarenakan defisit anggaran daerah.

Dikatakan Tito, banyak oknum pejabat yang memanfaatkan dana insentif tenaga kesehatan untuk menutup pembayaran utang sejumlah kegiatan lain, salah satunya infrastruktur.

"Akibatnya utang. Sementara dana yang harusnya dipakai untuk dokter spesialis dipakai untuk membayar utang," katanya.